Dikbud Sumbawa Raih DAK Rp 2,7 Miliar Untuk Rehab TK/PAUD 2022

SUMBAWA,Harnasnews.com – Sekretaris Dinas Dikbud Sumbawa yang juga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ir Surya Darmasya dalam keterangannya kepada awak media menyatakan dalam tahun anggaran 2021 ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia telah menggelontorkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai sekitar Rp 1,1 Miliar guna menunjang kegiatan program pembangunan dan pembenahan fisik sarana prasarana bagi sejumlah TK/PAUD di Kabupaten Sumbawa, dengan kondisi progress fisiknya telah dinyatakan tuntas 100 persen sejak awal Oktober ini.

“Dengan sukses dan tuntasnya penyelesaian pekerjaan tahun 2021 tersebut Alhamdulillah usulan kegiatan yang sama untuk tahun anggaran 2022 mendatang telah mendapatkan lampu hijau persetujuan dari Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud, dengan memberikan alokasi bantuan DAK sebesar Rp 2,7 Miliar,”ungkapnya (21/10).

Menurutnya sesuai rencana akan dialokasikan bagi program pembangunan dan pembenahan fisik sejumlah TK Pembina Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumbawa.

“Sedangkan untuk bantuan anggaran tahun 2021 sebesar Rp 1,1 Miliar yang diperuntukkan dan dibagi untuk membiayai kegiatan pembangunan dan pembenahan fisik TK/PAUD sebesar Rp 850 Juta dan sisanya sekitar Rp 250 Juta diperuntukkan untuk kegiatan non fisik, seperti untuk menunjang kegiatan managemen pengawasan, perencanaan, pertemuan dan perjalanan dinas, dengan kegiatan fisiknya diperuntukkan bagi menunjang kegiatan program pembenahan pada empat lokasi TK/PAUD Pembina di Kecamatan Plampang, Empang, Utan dan Kecamatan Alas,”tukasnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan pembangunan dan pembenahan TK/PAUD tahun 2021, ada tiga lokasi yang menggunakan sistem kontraktual penunjukan langsung (PL) dan satu lokasi lainnya menggunakan sistem lelang tender seperti untuk TK/PAUD di Kecamatan Alas.

“Sesuai dengan rencana program yang ditetapkan pembangunan dan pembenahannya lebih difokuskan pada pembangunan fisik bangunan ruang guru, jamban, pengadaan Alat Permainan Educatif (APE) diuar ruangan seperti selonjor, timbangan dan alat permainan lainnya, serta dibangun untuk ruang guru, ruang pertemuan, dan rehab ruang kelas agar lebih representatif kedepan, paparnya.

Tambahnya, seluruh kegiatan program pembangunan dan pembenahan fisik TK/PAUD dalam tahun anggaran 2021 di Kabupaten Sumbawa telah berhasil dituntaskan dengan baik (100 persen red).

“Dan telah dilakukan PHO sejak awal Oktober lalu, dan kini telah dimanfaatkan dengan baik dalam menunjang kegiatan belajar mengajar,”ujarnya.

Sambungnya, sejauh ini dari segi administrasi memang untuk pembayaran termin akhir masih dalam proses di Pusat, oleh karena itu kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang mendalam kepada rekanan penyedia jasa yang telah menuntaskan pekerjaannya dengan baik.

“Saat ini telah memasuki masa pemeliharaan hingga enam bulan kedepan,” katanya.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.