Dinas Peternakan Kabupaten Malang Serahkan Bantuan Bibit Ikan

EKONOMI

 

MAALANG, Harnasnews.com – Dinas Peternakan Kabupaten Malang menyerahkan bantuan 20.000 ekor benih ikan nila, dan 1,3 ton pakan ikan kepada kelompok Bina Mina Mandiri, pada hari selasa (12/10/2021).

Penyerahan tersebut dilakukan langsung Suprijantono, SPi selaku penyuluh Perikanan dari Dinas Peternakan Kabupaten Malang kepada H. Pamuji selaku pembina kelompok Bina Mina Mandiri, dan disaksikan Danramil Ngantang Kapten Arh Jumawi.

“Kita dari Dinas Peternakan Kabupaten Malang, menyerahkan bantuan berupa 20.000 ekor benih ikan, dan 1,3 ton pakan ikan kepada peternak disini. Bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para peternak ikan,” kata Suprijiantono.

Bantuan tersebut dikatakannya, berhubungan erat partisipasi Dinas Peternakan Kabupaten Malang dalam TMMD 112 yang dilaksanakan Kodim 0818 Batu Malang di Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

“Ini bentuk partisipasi kita dari Dinas Peternakan Kabupaten Malang untuk ikut mensukseskan TMMD di desa ini. Partisipasi kita berhubungan dengan tupoksi kita, yaitu peternakan,” ujar penyuluh peternakan.

Budidaya ikan nila tersebut dilakukan di Dusun Gagar, dan konteks budidaya ini adalah kelompok, bukan perseorangan. Lahan yang digunakan menyesuaikan kebutuhan atau kapasitas benih ikan nila.

Dijelaskan Kapten Arh Jumawi, TNI bekerjasama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Malang untuk meningkatkan kesejahteraan peternak ikan.

Arh Jumawi menambahkan, “budidaya ikan bisa mendongkrak pendapatan masyarakat. Asalkan dikelola secara tepat dan terarah. Pendapatan itu bersumber dari keuntungan yang diperoleh dari penjualan hasil panen ikan,” tandasnya.

Budidaya ikan nila ini bisa membantu secara ekonomi kepada masyarakat, terutama peternak ikan di desa ini, Pengelolaan harus benar-benar profesional, agar bisa menghasilkan keuntungan.

“Budidaya ikan sangat berpotensi membuka prospek baru dari berbagai jenis usaha kerakyatan, Prospek tersebut diharapkan akan memunculkan kreatifitas dan inovasi mengembangkan jenis ikan lainnya yang sesuai kondisi geografis,” jelas Danramil Ngantang

Sementara itu, Pamuji memastikan budidaya ikan nila akan dikelola dengan baik dan benar, Baik pengaturan pakan berdasarkan usia ikan hingga berat ikan ketika akan memasuki periode panen. (JDC)

Leave A Reply

Your email address will not be published.