Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kab Bulukumba Peringati Hari Kopi Nasional

Hari Kopi Nasional

Bulukumba, Harnasnews.com – Dalam rangka memperingati hari kopi nasional, Rabu (11/3/20) Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bulukumba melakukan Minum Kopi bersama bertempat di Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba Sulsel.

Desa Kahayya yang terletak di ketinggian 1400 di atas permukaan laut juga   letaknya  kurang lebih 40 KM arah  Barat dari pusat Kota Kabupaten Bulukumba di samping terkenal sebagai daerah wisata alam juga terkenal  dengan Tanaman Kopinya.

Sehingga melalui Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, memilih Kahayya sebagai lokasi memperingati Hari Kopi Nasional.

Acara peringatan tersebut  di hadiri Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto, Fakhidin. HDK, Anggota DPRD Bulukumba, Kadis Tanaman Pangan  Hortikultura dan Perkebunan, Emil Yusri dan para penyuluh pertanian dan Perkebunan se Kabupaten Bulukumba mengambil thema :  Memeriahkan Hari Kopi Nasional, Menggenjot Ekspor Kopi dan Produksi Kopi Bermutu untuk kesejahteraan Petani / UKM di dukung penerapan SNI dan KUR.

Tomi Satria Yulianto (TSY) dalam sambutannya mengatakan, kampanye Pemerintah Daerah terhadap Kopi Kahayya baru sekitar 3 – 4 tahun terakhir di lakukan dengan melakukan Pembukaan akses ke kantong-kantong lokasi kopi kahayya.

Terhadap Kopi, Masih menurut Wakil Bupati, Ada 2 hal yang menjadi tugas dinas dan para penyuluh.

-Lahan kopi harus meningkat. Peremajaan pohon kopi tetap di lakukan.

-Setelah meningkat, Produksi juga meningkat. Penjualannya tidak hanya dalam bentuk biji, tapi sudah dalam bentuk kemasan. Disinilah peran penyuluh sehingga Kopi Kahayya harus mampu bersaing dengan kopi-kopi yang ada.

“Kita harus bangga dengan cita rasa kopi kahayya. untuk sampai ke hal itu, maka di butuhkan kopi dengan kualitas baik, pengemasannya juga baik. Dan tak kalah penting adalah marketingnya juga harus baik”, tutup Wakil Bupati Bulukumba (Kasmad Bachtiar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.