Disparpora Maksimalkan Tower Pet Ledeng Menjadi Sejarah Dan Icon Wisata Kota Pasuruan

BERITA

Ruangan dibawah Tower Pet Ledeng yang akan dibuat museum mini. (Abdul Wahid/Harnasnews)

PASURUAN, Harnasnews – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan terus berupaya mewujudkan Pasuruan Kota Madinah di tahun 2023 ini, sesuai apa yang diharapkan Walikota Pasuruan, H. Drs Saifullah Yusuf dan Wakil Walikota, Adi Wibowo.

Adapun dalam mewujudkan Pasuruan Kota Madinah, Pemkot Pasuruan melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga (Disparpora) berencana akan mempercantik salah satu icon sejarah yang dimiliki Kota Pasuruan.

Kepala Dinas Disparpora Kota Pasuruan, Basuki melalui Sekertaris, Akung Novajanto menyampaikan bahwa di tahun 2023 akan mempercantik Menara Pet Ledeng yang berada disebelah utara Alun-Alun Kota Pasuruan.

“Saya mewakili Kadis Disparpora yang menyampaikan, bahwa Diparpora Kota Pasuruan akan mempercantik salah satu icon bersejarah Kota Pasuruan. Yaitu De Watertoren Aan De Aloen-Aloen Te Pasoeroenan yang biasa disebut Menara Pet Ledeng yang mempunyai nilai sejarah di Kota Pasurian di Tahun 2023 ini,” ucap Sekertari Disparpora Kota Pasuruan.

Diketahui bahwa Menara Pet Ledeng telah berdiri sejak tahun 1919 di jaman Kolonial Hindia Belanda, yang berfungsi untuk menyuplai kebutuhan air bersih di wilayah Kota Pasuruan. Disparpora akan mempercantik dan mengfungsikan Tower Pet Ledeng untuk museum mini.

“Kami akan mempercantik Tower dengan lampu, supaya keberadaan Tower lebih iconik serta menarik sehingga lebih elok untuk dipandang, juga bisa menjadi salah satu spot foto yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Pasuruan,” urai Akung saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (01/03/2023).

Akung juga menambahkan, “dibagian bawah tower yang terdapat ruangan, akan dijadikan museum yang memajang foto-foto sejarah Kota Pasuruan, serta beberapa history dari Kota Pasuruan. Dan kami sudah mempersiapkan beberapa orang pemandu yang akan berada gedung Taourism Information Center (TIC) yang bersebelahan dengan Tower Pet Ledeng,” tambahnya.

Dijelaskan, perencanaan pekerjaan Tower Pet Ledeng sudah dimulai oleh Disparpora. Direncanakan perkerjaan mempercantik Tower Pet Ledeng bisa dilakukan tahun 2023.

“Kami telah menyiapkan anggaran sebesar 600 juta untuk pekerjaan Tower Pet Ledeng, saat ini masih dalam perencanaan. Saya berharap bila pekerjaan ini selesai, bisa lebih menarik wisatawan yang lebih banyak ke Kota Pasuruan, dan Kota Pasuruan menambah lagi satu icon yang dapat dikunjungi oleh wisatawan,” terang Akung.

Selain mewujudkan Pasuruan Kota Madinah, dengan pekerjaan Tower Pet Ledeng bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Pasuruan melalui pariwisata, juga merawat sejarah Kota Pasuruan tetap terjaga dan lestari.

“Tower Pet Ledeng akan kami poles sedikit untuk dipercantik supaya bisa lebih terlihat eksotik, dan tidak terkesan angker ataupun kumuh, namun tidak menghilangkan unsur sejarahnya. Sesuai dengan harapan dari Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan dengan jargon Wujudkan Kota Pasuruan Bersih, Tertib, dan Bangkit Lebih Cepat,” pungkas Akung Novajanto.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.