DKP Segera Distribusikan 3 Unit Kapal Perikanan Ukuran 3GT Bagi Kelompok Nelayan

SUMBAWA, Harnasnews – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia telah mengalokasikan dan menggelontorkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023 senilai Rp 3,9 miliar untuk menunjang program perikanan tangkap di Kabupaten Sumbawa, dan satu paket proyek diantaranya adalah paket pengadaan langsung berupa pengadaan 3 unit kapal perikanan kurang dari 3 Gross Tonase (GT) dengan nilai Rp 194 786.618 (sekitar Rp 194 Juta lebih).

Kepala dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Sumbawa, Burhanuddin mengatakan, rencananya pekan depan 10 Juni 2023 akan seger didistribusikan dan diserahkan kepala kelompok nelayan penerima manfaat, sesuai dengan program perencanaan.

Khusus untuk pengadaan kapal perikanan (perahu) dibawah 3 GT sebanyak 3 unit itu, sesuai dengan SPK dipercayakan pengadaannya kepada CV Samawa Fiber selama 90 hari kerja (tiga bulan) lamanya terhitung sejak 16 Maret – 13 Juni 2023 mendatang, dan dari hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan progress fisiknya telah mencapai diatas 95%, dan sisanya tengah dilakukan finishing akhir.

“Rencana pendistribusian dan penyerahan serah terima bantuan 3 unit kapal penangkapan ikan untuk menunjang kegiatan usaha perikanan diperairan umum itu akan dilakukan pada 10 Juni mendatang, yang diperuntukkan 2 unit bagi kelompok nelayan di Bendungan Batu Bulan dan 1 unit untuk kelompok nelayan di Bendungan Mamak, yang diharapkan bantuan sarana tersebut dapat dimanfaatkan bagi menunjang aktivis para nelayan setempat,” ucap Haji Bur akrab disapa.

Sementara untuk pengadaan 5 unit kapal perikanan dibawah 5 GT dibiayai lewat DAK tahun 2023 dengan nilai Rp 1.158.146.250 (sekitar Rp 1,1 miliar lebih) dipercayakan penanganannya kepada rekanan kontraktor pemenang tender CV.Dinda Lestari Sumbawa telah ditandatangani kontrak kerjanya dimulai 5 Juni – 26 Nopember 2023 mendatang, dan 5 unit kapal itu juga diperuntukkan untuk menunjang sejumlah kelompok nelayan di daerah. (Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.