DLH Provinsi Jatim Bersama Camat Tosari Melaksanakan Kordinasi Kearifan Lokal

BERITA

 

PASURUAN, Harnasnews.com – Pemerintah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan melaksanakan rapat kordinasi terkait Adat Daerah bersama tokoh agama, pada hari Selasa (19/10/2021).

Acara yang di laksanakan di kantor Kecamatan Tosari dihadiri oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Propinsi Jawa timur Eka Agustina, Wahyu Tri Wahyu Nugroho, Tri Asmi Rismawati,  juga Camat Tosari Edi Priyanto, Kapolsek Tosari AKP Slamet Aji, Kepala Desa (Kades) ngadiwono Ngatoyo, Kades bale dono, tokoh agama, tokoh Adat, dan okoh masyarakat.

Dalam sambutannya Eka Agustina menjelaskan  bahwa dinas lingkungan hidup propinsi pada tahun depan akan melaksanakan program menyeluruh akan mengadakan pelatihan pengelolan lingkungan hidup, salah satunya berkaitan dengan sampah, tentang bagaimana cara mengelola yang bener.

Eka juga mengajak masyarakat untuk menanam pohon di sekitar sumber mata air, sementara itu bagi masyarakat yang melakukan kegiatan di hutan, di intruksikan untuk melakukan pengajuan ke kementrian agar bisa di alihkan ke hutan adat, tapi tetap harus menjaga kelestarian hutan biar debit mata air tidak ada penurunan.

Camat Tosari Edi Priyanto sangat mendukung dengan program yang akan di adakan oleh DLH tentang kearifan lokal di daerah khususnya Adat suku Tengger.

“Dengan adanya program dari DLH Provinsi ini, saya pribadi sangat mendukung. Karena dengan ini dapat menjaga juga melestarikan kearifan lokal, khususnya adat daru suku tengger,” tutur Edi.(Dre)

Leave A Reply

Your email address will not be published.