Doktor dari Universitas Oxford Ini Apresiasi Orasi Ilmiah Megawati

JAKARTA, Harnasnews.com  – Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri memperoleh gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) melalui sidang senat terbuka pada Jumat (11/6/2021).

Gelar profesor kehormatan yang diterima Megawati yakni pada bidang Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik.

Dukungan terhadap penganugerahan gelar profesor tersebut karena Megawati menorehkan sederet prestasi saat menjadi presiden, dan sejumlah kalangan penghargaan itu dianggap pantas.

Seperti yang diungkapkan Doktor in Energi Terbarukan Arus Laut dari Universitas Oxford, Doktor Ahmad Mukhlis Firdaus menanggapi orasi ilmiah Megawati Soekarno Putri dalam penganugerahan profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) melalui sidang senat terbuka pada Jumat (11/6/2021).

Mukhlis memgungkapkan, secara lugas menunjuk tiga perubahan yang mendisrupsi kehidupan manusia akibat adanya teknologi yang muncul pada saat ini.

Perubahan pertama, akibat adanya teknologi data. Teknologi data tidak hanya cara mengolah dan menginterpretasi saja namun juga transportasi, dan juga perangkat lunak dan keras pendukung juga.

Data-data yang baru terungkap karena adanya metode pengumpulan dan pengolahan data baru yang lebih modern.

“Pengambilan data misalnya dengan menggunakan drone dan Low power sensor kemudian data-data yang masih mentah tersebut diolah dan dibentuk sebuah patern atau trend dengan bantuan AI, Big data dan cloud computing hingga terbentuk sebuah data kesimpulan yang dapat di simpan dalam bank data yang nanti nya akan digunakan untuk menginisiasi teknologi terapan,” beber Mukhlis, seperti dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/6/2021).

Leave A Reply

Your email address will not be published.