Dorong Kesejahteraan Petani Tebu, Menteri Rini Tinjau Pabrik Gula Gempolkrep di Mojokerto

 

MOJOKERTO,Harnasnews.Com – Sebagai bentuk dukungannya kepada kesejahteraan petani tebu di Jawa Timur, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno kali ini mengunjungi Pabrik Gula (PG) Gempolkrep di Desa Gempolkrep, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto pada Senin (14/05/2018).

Dalam kunjungan ini, Menteri Rini menyapa langsung petani tebu di wilayah tersebut sekaligus mengoperasikan alat giling tebu  di PG Gempolkrep yang secara resmi menandai dimulainya musim giling di 2018. Pabrik Gula Gempolkrep dibangun oleh PT PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X sejak tahun 1912 di atas luas areal lahan 28,75 hektare (ha)  dengan jumlah petani tebu tercatat sebanyak 4.275 orang.

“Keberadaan PG Gempolkrep ini tentunya dapat mendorong produktivitas panen yang pada akhirnya juga mendorong perbaikan kesejahteraan petani. Harapan saya, dengan keberadaan pabrik ini, petani di sini lebih sejahtera dan mendapatkan kemudahan dan manfaat,” ujar menteri Rini.

Untuk musim giling tahun 2018, PG Gempolkrep menargetkan produksi 87.503 ton Gula Kristal Putih dengan tebu digiling sebanyak 1.082.200 ton. Target ini meningkat dibandingkan dengan produksi sebelumnya sebesar 71.149 ton Gula Kristal Putih dan  870.509 ton tebu di giling pada tahun 2017.

Leave A Reply

Your email address will not be published.