Erdogan: Turki Siap Ambil Peran AS di Suriah

Recep Tayyip Erdogan

ANKARA, Harnasnews.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menilai, penarikan tentara AS dari Suriah harus direncanakan secara seksama. Penarikan perlu dilakukan melalui kerja sama dengan mitra untuk melindungi kepentingan Washington.

“Turki, yang memiliki kontingen militer terbesar kedua di NATO, adalah satu-satunya negara dengan kekuatan dan komitmen untuk melaksanakan tugas itu,” kata Erdogan di dalam artikel yang diturunkan di The New York Times, Senin (7/1)

Erdogan menekankan di artikel tersebut bahwa Turki berkomitmen untuk mengalahkan Da’esh (ISIS) dan kelompok gerilyawan lain di Suriah.

Erdogan juga berbicara mengenai peran Turki dalam proses perdamaian Jenewa dan Astana dan posisinya sebagai pihak yang dapat bekerja secara berbarengan dengan Amerika Serikat dan Rusia.

Menurut Erdogan, Turki ingin bekerja sama dan mengkoordinasikan tindakannya dengan sekutu. “Kami akan membangun kemitraan ini untuk melaksanakan pekerjaan di Suriah ini,” ia menambahkan, sebagaimana dikutip Kantor Berita Anadolu,

Leave A Reply

Your email address will not be published.