Fahd Rafik Ajak Kader Bapera Agar Tanamkan Jiwa Patriotisme Tanah Air

JAKARTA, Harnasnews – Sebagai bentuk  rasa patriotisme dalam rangka mewujudkan cinta tanah air, Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) kembali menggelar Jambore Nasional ke-2 yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur dari 17-19 Mei 2023.

Ketua Umum Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menegaskan, seiring dengan kemajuan teknologi dan era globalisasi, tidak dipungkiri pula berdampak terhadap tergerusnya rasa nasionalisme.

“Oleh karena itu, dengan Jambore Bapera yang kedua ini diharapkan dapat menggugah kembali dan menyatukan tekad pemuda serta anak bangsa dari seluruh unsur dan elemen untuk memperkuat persatuan Indonesia dalam arti yang sesungguhnya,” ujar Fahd di sela-sela persiapan Jambore Nasional ke-2 Bapera di Bumi Perkemahan Cibubur, Rabu (17/5/2023).

Fahd mengatakan, keterlibatan dari para pemilih milenial atau pemuda dalam perhelatan pesta demokrasi Pemilu pada tahun 2024 mendatang memang menjadi sangat penting karena akan mampu turut serta dalam menentukan bagaimana arah bangsa kedepannya. (Pri)

“Pemilihan Umum (Pemilu) yang juga dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan, yakni pada tahun 2024 mendatang merupakan hal yang memang harus dilakukan oleh Indonesia. Bagaimana tidak, pasalnya keberlangsungan Pemilu menjadi hal yang krusial dan sangat penting untuk Tanah Air,” katanya.

Menurut dia, penyelenggaraan Pemilu sendiri sangat penting dikarenakan Indonesia memiliki sistem politik demokrasi, yang mana mengharuskan bahwa dalam setiap proses penyelenggaraan pemerintahannya, terdapat beberapa pilar yang memang menjadi prasyarat dari berdirinya sistem demokrasi.

“Untuk itu, kami mengajak pemuda ikut mengawal pesta demokrasi yang jujur dan adil. Selain itu kader Bapera harus berpartisipasi dalam mewujudkan pemilu yang damai dan santun,” imbau Fahd.

Fahd mengatakan, salah satu prasyarat mutlak untuk bisa menilai apakah suatu negara memang menjalankan sistem demokrasi atau tidak, dan juga turut menilai bagaimana indeks demokrasi dalam suatu negara adalah dengan adanya penyelenggaraan pemilihan umum yang bebas dan berkala.

Menurut dia,  partisipasi dari seluruh elemen masyarakat Indonesia dalam mensukseskan gelaran pesta demokrasi Pemilu 2024 menjadi sangat penting untuk bisa terus mendorong kemajuan demokratisasi di Tanah Air.

“Kedaulatan rakyat dalam sebuah negara yang menganut sistem demokrasi adalah terletak pada posisi yang tinggi, sedangkan untuk bisa memenuhi adanya kedaulatan tersebut salah satunya dengan gelaran Pemilu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Jambore ke-2 Bapera, Raden Andreas Nandiwardhana mengatakan, Jambore yang kedua ini dilaksanakan dari 17-19 Mei 2023 dan akan diikuti oleh 2500 peserta dari seluruh perwakilan  provinsi, kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

“Persiapan sudah seratus persen, dan seluruh peserta sudah hadir di bumi perkemahan Cibubur. Kami berharap acara ini berjalan lancar dan mengulang kesuksesan Jambore sebelumnya,” ujar Andre kepada wartawan.

Andre mengungkapkan, Jambore Nasional Bapera 2023  seperti tahun sebelumnya dan dilatih langsung oleh tim instruktur Mako Brimob. Artinya kegiatan ini sangat serius dalam menyatukan rasa nasionalisme dan patriotisme di era Industri 5.0.

“Pesan yang paling utama selain memberikan rasa nasionalisme dan patriotisme juga terciptanya persaudaraan kuat sesama anak bangsa khususnya dari Sabang sampai Merauke,” ungkap Andre. ***

Leave A Reply

Your email address will not be published.