FIK UMSurabaya Beri Edukasi Masyarakat Bahaya Covid-19,Lewat Bahasa Daerah

Nasional

Surabaya,Harnasnews.com – Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di wilayah Bangkalan,disebabkan oleh kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) alias TKI dalam masa lebaran Juni lalu mendorong mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) untuk melakukan aksi edukasi.

Menariknya, agar bisa dipahami dan diterima masyarakat di area Perkampungan Pesisir Sukolilo, mereka menggunakan bahasa madura.

Salah satu mahasiswa yang terlibat dalam eduksi kreatif, Muhammad Iqbal Fathoni menjelaskan aksi ini meliputi kegiatan Edukasi masyarakat melalui poster edukatif berbahasa Madura, Edukasi video bahaya dan cara pencegahan Covid-19,serta pembagian 1000 masker dan handsanitizer pada masyarakat.

“Kegiatan edukasi melalui poster edukatif berbahasa madura agar masyarakat Madura yang tinggal di area Perkampungan Pesisir Sukolilo lebih mudah memahami pesan yang ingin kami sampaikan,”ujarnya usai aksi, Selasa (15/6).

Berbagai kalimat edukasi yang tertulis di poster dibawa mahasiswa mengelilingi kampung seperti Cek kaloppaeh angguy masker yang artinya jangan lupa pakai masker.

Leave A Reply

Your email address will not be published.