Forkopimda Kota Bekasi Tinjau Kesiapan Gereja Jelang Malam Misa Natal 2022

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Persiapan jelang malam misa natal 2022, unsur Forkompinda Kota Bekasi lakukan pengecekan kesiapan di berbagai gereja di Kota Bekasi.

Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Hengki didampingi Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto serta para PJU Polres mengunjungi Gereja GPIB Jatipon, Jatibening Pondokgede kemudian dilanjutkan memantau Pospam Lantas Kolong Jorr, Jatiwarna yang berada di Jl. Hankam.

Rombongan juga mengunjungi Gereja yang terkenal dengan toleransinya yang tinggi yaitu gereja ST. Servatius di Jl. Kp. Sawah, kecamatan Pondok Melati.

“Semoga kegiatan perayaan natal tahun 2022 telah berjalan dengan baik, berjalan dengan lancar dan harapannya ini akan memberikan suatu spirit semangat kebersamaan bahwa kota Bekasi ini jadi kota yang aman dan ramah bagi seluruh masyarakat,” Ujar Plt Walikota Bekasi Tri Adhianto kepada media pada Sabtu (24/12/22).

Dikatakan Tri Adhianto bahwa pada pelaksanaan hari raya natal sebelumnya selama 2 tahun mengalami pembatasan bagi seluruh kegiatan keagamaan, pasca Covid-19.

“Begitu selesai covid, tentunya sembarangan itu akan berlomba-lomba mereka akan datang ke rumah-rumah ibadah, gereja-gereja itu perlu satu konsolidasi, kolaborasi baik yang dilakukan oleh gereja maupun seluruh unsur pemerintah yang ada,” imbuhnya.

Untuk itu ia menginstruksikan kepada jajarannya berkoordinasi dengan aparat penekan hukum untuk bersama-sama untuk mengantisipasi pergerakan dan kelancaran arus lalulintas sehingga pelaksana perayaan hari besar keagamaan pada tahun ini menjadi pelayanan yang berkesan.

Pada kesempatan itu, Tri juga menjelaskan bahwa dalam peninjauan bersama Kapolres, secara keseluruhan, Gereja yang akan digunakan sebagai misa atau perayaan natal telah siap.

“Saya lihat persiapannya sudah sangat matang dan ini hanya tinggal proses pelaksanaannya, karena kegiatan ibadah misanya ada yang dilaksanakan mulai dari jam dua,” kata Tri.

“Jadi saya kira masih dalam koridor waktu yang cukup mampu untuk kita lakukan pengendalian terkait dengan kondisi situasional harkamtibmas, juga bagaimana membangun kebersamaan umat yang ada,” ujar Tri menambahkan

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol. Hengki mengungkapkan bahwa pihaknya bersama tiga pilar telah siap mengamankan 277 titik pengamanan di gereja maupun titik lainnya.

“Untuk kegiatan mulai hari ini di kota Bekasi, ada 277 titik pusat pengamanan kita baik gereja-gereja yang besar atau yang kecil dan ruko maupun rumah ibadah lain untuk perayaan natal atau misa ataupun tahun baru,” kata Kapolres Hengki.

Kunjungan dalam rangka meninjau kesiapan gereja yang dilakukan Kapolres Metro Bekasi Kota bersama dengan Plt Walikota Bekasi beserta rombongan berkahir di Gereja ST. Stanislaus Kostka Kala Miring, kecamatan Jatisampurna.

Di lokasi ini mereka diterima para pengurus gereja serta ditunjukkan berbagai area yang nantinya akan digunakan misa malam Natal serta area parkir dan pengecekan para jemaat.

Dalam arahannya, Kapolres juga meminta para pengurus gereja untuk mengawasi secara ketat bagi para pengunjung dengan melakukan pemeriksaan. Hal ini akan situasi Kamtibmas tetap terjaga dari hal yang tidak diinginkan. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.