FSK Dalam Menjaga Keutuhan dan Kedaulatan NKRI di Wilkum Polres Paskot

PASURUAN, Harnasnews.com – Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Pasuruan Kota AKBP Arman S.I.K M.Si melaksanakan kegiatan Forum Silaturrahmi Kamtibmas (FSK) dengan tema Membangun Sinergitas Polri Bersama Forkopimda, Tokoh Agama, dan Organisasi Masyarakat Guna Bersama – Sama Menjaga Keutuhan dan Kedaulatan NKRI, pada selasa (01/12/2020).

Acara yang bertempat di Valencia Resto di Jalan Hayam Wuruk No. 11 Kel. Kebonsari Kec. Purworejo Kota Pasuruan dihadiri Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman, S.I.K., M.Si, Perwakilan Bupati Pasuruan Agus Hari Wibawa (Plt Asisten I), Perwakilan Walikota Pasuruan Moh Agus Fadjar, S.STP., MM. (Asisten III), dan Perwakilan Kodim 0819 Pasuruan Letda Inf Nur Kholiq (Dan Unit Intel).

Acara FSK ini sengaja diselenggarakan pihak Polres Pasuruan Kota menindak lanjuti dengan adanya beberapa di provinsi DKI Jakarta dan provinsi Jawa Barat, yang berbau dengan SARA serta dapat mengganggu stabilitas dalam skala nasional.

Dalam sambutannya AKBP Arman selaku Kapolres Pasuruan Kota menyampaikan, dengan menyikapi situasi nasional yang terjadi belakangan ini di provinsi DKI Jakarta dan provinsi Jawa Barat. 

Bahwa ke depan, tantangan tugas yang akan kita hadapi tidaklah mudah terutama dalam menjaga kamtibmas dari ancaman radikal yang mengganggu keutuhan Pancasila dan NKRI, pemerintahan memiliki program prioritas pertama, berupaya menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara. 

Seiring dengan perjalanan bangsa, tentu saja kita menghadapi berbagai tantangan dan ancaman terhadap keutuhan NKRI, diantaranya hilangnya budaya nenek moyang akibat perkembangan zaman, ancaman radikalisme, menguatnya politik identitas, berkembangnya ujaran kebencian dan hoaks, serta ancaman-ancaman lain yang apabila tidak ditangani akan dapat mengancam keutuhan NKRI.

Sebagai subsistem pemerintahan, Polri mengemban tugas dan tanggung jawab untuk mengamankan serta mengawal program dan kebijakan pemerintah, melalui berbagai upaya Kepolisian yang bersifat strategis. 

Namun demikian, disadari bahwa Polri tidak dapat bekerja sendiri. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, melalui jalinan kemitraan yang kokoh dan bersinergi, demi terpeliharanya situasi kamtibmas yang kondusif, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melakukan aktivitasnya sehari hari, termasuk pada pentingnya menjaga keutuhan NKRI demi kepentingan masyarakat dan negara.

“Pada konteks inilah, keberadaan Bhabinkamtibmas, Babinsa, para tokoh (toga, tomas, toda) dan ormas serta elemen masyarakat lainnya diharapkan mampu mendukung upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar AKBP Arman.

“Saya yakin melalui semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta saling bersinergi didukung dengan kerja keras, kita semua akan mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan Pancasila dan semangat gotong royong,” imbuh Kapolres.

Dengan berkembangnya isu – isu faktual yang berkembang saat ini salah satunya beredar video adzan dirubah dengan kalimat jihad, saya langsung menggerakkan anggota saya untuk mengecek betul apakah itu ada di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota.

Hal tersebut merupakan bahan provokatif, dimana hal tersebut melanggar hukum, apabila sampai terdapat di wilayah hukum kami, kami tidak segan-segan untuk menindak secara tegas sesuai hukum yang berlaku.

“Saya juga titip terkait perkembangan situasi Pilkada Kota Pasuruan, jangan sampai terpicu adanya pemberitaan hoaks dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” tambah Kapolres Pasuruan Kota.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada segenap hadirin, atas dukungan dan kerjasamanya menjaga kamtibmas di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota yang kondusif,” pungkas AKBP Arman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.