Gandeng LSPR, Kelurahan Jatirangga Siap Kembangkan Desa Kreatif di Wilayahnya

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Desa kreatif Jatirangga menjadi satu-satunya perwakilan yang mewakili Kota Bekasi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia.

Kelurahan Jatirangga sangat erat dengan budaya leluhur serta tradisi yang hingga kini masih dipertahankan. Hal ini yang menarik salah satu universitas swasta di Kota Bekasi untuk berkerjasama dalam pengembangan kreativitas di wilayah yang dahulu disebut sebagai kampung Kranggan ini.

London School of Public Relations Trans Park, melakukan MoU dengan kelurahan Jatirangga dalam rangka pengembangan desa kreatif Jatirangga di Amani Palladium Theater, LSPR, Jl. Ir. Juanda, Bekasi Timur pada Jumat (16/09/22).

“Sebelumnya juga memang sudah beberapa kali diskusi, memang ini untuk yang pertamakali di jatirangga ada universitas yang mau membantu mengembangkan jatirangga,” ujar Lurah Jatirangga, Ahmad Apandi

Iya berharap para mahasiswa LSPR yang terlibat langsung dengan kegiatan itu dapat membantu UMKM yang ada di Jatirangga.

“Kemudian para pelaku usaha, berkontribusi di dalam proses pembelajaran, baik di dalam komunitas, kemudian masyarakat adat kranggan, yang akan di dorong menjadi desa wisata mungkin perlu ada pelatihan,” imbuhnya.

Lurah Apandi menambahkan bahwa pihaknya bersama KLM sudah mempersiapkan kelompok kelompok usaha yang akan di bina, kemudian mempersiapkan tempat khusus untuk mereka berkegiatan.

“Kalaupun memang harus menginap, akan kita siapkan home stay,”kata Apandi.

Ia berharap pada kegiatan itu ada peningkatan kesejahteraan masyarakat, kemudian program dari LSPR ini bisa berguna bagi masyarakat.

“Tentu juga nanti akan ada pelatihan, puncaknya nanti akan kita bikin event. Festival budaya kranggan, dimana dirancang oleh mahasiswa dan warga kranggan sendiri,” tukasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Bisnis LSPR, Yuliana R Prasetyawati, MoU atau kerjasama itu dapat menambah ilmu bagi mahasiswanya baik teori maupun praktek secara langsung.

Lurah Jatirangga, Ahmad Apandi dan Dekan Universitas LSPR sedang tanda tangani MoU pengembangan desa Kreatif Jatirangga.
Leave A Reply

Your email address will not be published.