Gerakan Inovasi Koperasi dan UKM di Kulonprogo Dapat Pengakuan Dunia

New York, Harnasnews.Com  – Gerakan inovasi untuk koperasi dan bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Kulonprogo, DI Yogyakarta telah mendapatkan pengakuan dunia dalam forum PBB.

Pengakuan tersebut diberikan setelah Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo dilantik sebagai Special Member of ICSB Indonesia oleh Prof Kim Kichan, Honorary Founding Chairman of ACSB, President of ICSB 2015-2016 di Markas PBB New York, Minggu.

Bupati Hasto Wardoyo mewakili Asia akan berbicara bersama beberapa walikota lain di dunia dalam forum International Council for Small Business (ICSB) yang akan digelar di Kantor Pusat PBB pada 10-12 Mei 2018 dengan tema Humane Entrepreneurship.

Bupati Kulonprogo sekaligus diminta untuk berbicara terkait gerakan ekonomi kerakyatan dan pelayanan masyarakat yang dilakukan di wilayahnya.

Seiring dengan itu, berpidato pula dalam forum tersebut Walikota Comune Di Morigerati, Cono D’Elia (Italy) dan Walikota Quebec City, Regis Labeaume (Canada).

Hasto menegaskan gerakan inovasi di wilayahnya harus bisa menjadi contoh yang direplikasi di daerah lain karena sudah diakui dunia.

“Bahwa kita harus selalu kreatif dalam memajukan ekonomi kerakyatan dan melayani masyarakat,” katanya.

Ia berpendapat jika dalam bidang bisnis ada kemajuan maka tidak sekadar mencari dan memenuhi kebutuhan sebanyak-banyaknya keuntungan material akan tetapi harus mencapai nilai-nilai kemanusiaan secara luas.

“Maka dalam penyelenggaraan pemerintahan juga ada ‘new public management’ yang tidak sekadar bisa mewujudkan kesejahteraan secara material dengan banyaknya program tapi harus bisa membahagiakan masyarakat,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.