Golkar Diprediksi Bakal Jadi Jawara Pemilu di Jawa Barat

JAKARTA, Harnasnews – Kehadiran Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kota Bandung dalam rangka pelepasan fungsionaris partai, dinilai akan membawa spirit baru bagi kader Golkar guna meraih suara pada 2024 memdatang.

Analis center for publik polciy studies (CPPS) Indonesia, Agus Wahid menilai langkah yang diambil oleh Airlangga sudah tepat di tengah tingkat kepercayaan publik terhadap Golkar mulai meningkat.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa pada Pemilu 2004 silam Golkar pernah menjadi jawara suara di Jawa Barat. Keberhasilan itu terwujud lantaran konsolidasi dan kinerja kader Golkar saat itu dilakukan dengan masif,” ujar Agus kepada Mediakarya, Haenasnews Grup, Senjn (10/4/2023).

Padahal, lanjut Agus, kala itu Partai Golkar tengah menghadapi masa sulit pasca turunnya orde baru yang berdampak pada tuntutan publik yang mendesak partai tersebut dibubarkan, namun berkat kepiawaian Akar Tanjung sebagai ketua umum, maka partai ini dapat lolos dari ujian terberat.

Agus menilai saatnya Golkar kembali merebut kemenangannya di Jawa Barat. Terlebih, saat ini ketua DPD Jabar dipimpin Ace Hasan Syadzily, sosok religius putra dari ulama besar Banten.

“Jika dilihat dari sejarahnya, memang masyarakat Jawa Barat itu lebih mendambakan pemimpin yang mengedepankan kesejukan dan tidak kontroversi. Nah kenapa Golkar dalam beberapa Pemilu dapat meraih kemenangan mutlak di Jabar, karena partai ini sangat diterima oleh masyarakat kultur Jabar,” ulasnya.

Selain itu, kata Agus, Golkar merupakan partai terbuka. Meski kerap diterpa masalah internal namun partai ini sanggup melaluinya dengan baik. Bahkan hingga saat ini masih menjadi deretan partai papan atas.

Agus menambahkan, meski sejumlah partai tengah berlomba meningkatkan elektoral partainya di Jawa Barat, namun peluang Golkar dinilai cukup besar dibanding partai nasionalis lainnya.

“Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Jika Golkar mengambil start dalam meningkatkan elektoralnya di Jawa Barat itu sudah tepat. Jadi pelepasan 2.300 fungsionaris Golkar se-Jawa Barat itu langkah strategis dalam meraih kemenangan pada pemilu mendatang,” ucap Agus.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melepas 2.300 fungsionaris se-Jawa Barat.

Hadir dalam pelepasan fungsionaris Golkar tersebut di antaranya Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga kader partai berlambang pohon beringin tersebut, dan jajaran Pengurus Partai Golkar baik pusat maupun daerah di Jabar.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, bahwa partainya siap dengan 200% calon fungsionarisnya.

Airlangga berharap Partai Golkar dapat meraih kemenangan di Jawa Barat. Sehingga kejayaan Partai Golkar seperti 2004 silam bisa terulang di 2024 nanti. (Pri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.