Gunung Agung Tenang & Landai, Belum Ada Perubahan Status Tetap Level III Siaga

BPBD Provinsi Bali merealess kabar tentang Update Kondisi Gunung Agung, Kabupaten Karangasem

BALI,Harnasnews.com – Sang Gunung yang Maha Agung sampai saat masih di Level III (SIAGA) pada radius 4 km dihimbau tidak ada aktivitas masyarakat.

Hampir 5 hari terakhir terjadi KARHUT (Kebakaran Hutan) di salah satu lereng tepatnya berlokasi di Banjar Belong Desa Ban Kecamatan Kubu.

Kemaren Tim Gabungan di Kabupaten Karangasem, melakukan upaya pembuatan batas untuk langkah antisipasi jika api meluas tidak akan sampai ke pemukiman warga.

Semeton sareng sami, kami harap tetap tenang dan tingkatkan kesiap-siagaan, jangan mudah terpengaruh oleh berita hoax. Beberapa hari yang lalu sempat muncul postingan dari salah satu akun medsos “G.A. erupsi lagi.”

Tim BPBD Karangasem bertindak cepat, memperingatkan si pemilik akun agar mengklarifikasi atau bahkan menghapus postingannya, serta lebih teliti & berhati-hati dalam memposting berita, sebaiknya tanya, minta info atau ikuti update informasi dari lembaga resmi pemerintah. Postingan tersebut sudah dihapus.

Baca ini juga : Gunung Agung Masih Berstatus Siaga

Hampir 2,5 bulan Gunung Agung dalam kondisi landai bahkan sangat tenang, ada yang bertanya “apakah akan ada evaluasi terhadap status SIAGA (Level III) yang ada sekarang ?” Penetapan status bukan kewenangan kami di BPBD, kami lakukan koordinasi dengan PVMBG – Kementerian ESDM (dengan ahlinya Devy Kamil Syahbana), “Pak Rentin, sudah cukup lama memang landai, tapi bukan berarti sudah aman, belum direkomendasikan untuk perubahan status karena aktivitas masih cukup tinggi, tetap lakukan edukasi kepada masyarakat agar meningkatkan kesiap-siagaan, dan ikuti informasi serta arahan dari petugas,” itu kutipan diskusi singkat via WA.

Pagi ini, mendapat kiriman foto (visual) kondisi terkini dari Gunung Agung, antara lain dari Pos Pantau Rendang, Para Relawan yang tersebar di 28 Desa Lingkar Gunung Agung serta hasil potret sendiri saat lari pagi di Persawahan Subak Babak Pacung Babak, Br. Sayan Delodan, Werdi Bhuwana, Mengwi – Badung.

Mari sama-sama kita berdoa, semoga Gunung Agung tetap landai dan tenang. Pak Wisnu Widjaya (Deputi Bidang Sistem & Strategi BNPB) pernah berkata, “G.A. sangat bersahabat, selalu menyapa dan memberi tanda-tanda jika akan terjadi erupsi,” demikian kutipan diskusi dalam sebuah kesempatan, beliau bercerita tentang pengalaman saat penanganan erupsi tahun 2017 yang lalu, saat itu beliau masih sebagai Deputi Bidang Pencegahan dan baru bsberapa bulan yang lalu pindah posisi.

Mari kenali risiko dan bahayanya, siapkan strateginya, dan kita semua SIAP UNTUK SELAMAT. Mari kita jaga alam dan alam akan jaga kita, ini jargon BNPB dan BPBD yang selaras/sejalan dengan kearifan lokal Bali “Tri Hita Karana” menjaga keharmonisan hubungan terutama menjaga kelestarian lingkungan.(Vidi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.