H-2 Lebaran, Calon Penumpang Tujuan Sumatera Masih Membludak

JAKARTA, Harnasnews – H-2 Idhul Fitri 1443 H, kepadatan pemudik mulai nampak pada beberapa terminal bus. Salah satunya di terminal bus Kampung Rambutan Jakarta Timur. Loket bus baik yang menuju Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Sumatera  sudah padat.

Kepala Terminal Kampung Rambutan, Yulza Ramdomi, menuturkan bahwa peningkatan 2.791 penumpang trend naik seminggu terakhir. 

“Ini memang trendnya naik sejak H-7 kemarin, terakhir H3 kemarin, kalau untuk periode yang sama di dua tahun yang lalu terkait dengan jumlah penumpang, masih banyak di tahun 2019 dalam kondisi normal, dibandingkan dengan tahun ini jauh sekali persentasinya,” kata Yulza kepada Harnasnews, Sabtu (29/4/2022).

Dikatakan Yulza, Jumlah tersebut masih jauh pada arus mudik tahun 2019 yang mencapai 14.000 lebih penumpang setiap harinya yang melakukan mudik melalui terminal Kampung Rambutan.

“Jadi dibandingkan sekarang, sangat jauh persentasenya,” imbuhnya.

Untuk ketersediaan armada bus, pihak terminal terus melakukan pendataan dan pencatatan  untuk melihat sirkulasi armada yang masuk atau keluar terminal.

“Untuk hari ini kita masih melakukan pencatatan untuk kendaraan yang akan keluar, dan masih berlangsung jadi kita belum siapkan datanya,”imbuhnya.

Calon penumpang masih didominasi pemudik tujuan Sumatera. Hingga Sabtu siang, mereka masih banyak menunggu kedatangan armada yang disebabkan karena terjadi keterlambatan.

“Kemungkinan di hari ini bisa terjadi hal tersebut.Hal tersebut situasional, artinya kemarin memang banyak keterlambatan bus yang masuk ke terminal dikarenakan memang di tol sendiri diberlakukan sistem one way,” tukasnya 

Sementara itu, Arizal, seorang sopir bus jurusan Wonosobo menuturkan bahwa setiap berangkat ada peningkatan penumpangnya hingga 100 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mengangkut 50 persen.

Leave A Reply

Your email address will not be published.