Hadapi Musim Penghujan, Juaini Gelar Grebek Lumpur di Jakarta

JAKARTA, Harnasnews.com – Guna mengantisipasi banjir di DKI Jakarta menghadapi musim penghujan. Dinas Sumber Daya Air ( SDA) DKI Jakarta mulai menjalankan program ‘Grebek Lumpur’.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf mengatakan, ia menerjunkan 8.000 personel yang dikerahkan di lima wilayah administrasi Jakarta. Sasarannya adalah endapan lumpuryang ada di kali, waduk, saluran mikro, dan makro yang ada di lima wilayah kota.

Menurut dia, grebek lumpur dilakukan saat musim panas agar saat musim hujan, kali hingga waduk sudah memiliki daya tampung yang besar.

“Di musim panas ini kami terus melaksanakan kegiatan-kegiatan pengerukan lumpur di semua wilayah. Tujuannya menambah kapasitas, dan ketika hujan daya tampungnya menjadi lebih besar sehingga genangan air bisa dikurangi,” kata Juaini dihubungi Harnasnews.com, Kamis (19/8/2020).

Juaini mengatakan, program grebek lumpur terus dilakukan sampai akhir tahun 2020.

Pada tahun ini, ada 13 kali yang menjadi sasaran utamanya dalam program itu yang terbagi di lima wilayah kota. Misalnya, pengerukan lumpur di Kali Ciliwung segmenKampung Melayu sampai Jembatan Tongtek sepanjang 5,3 kilometer di Jakarta Timur.

Kemudian pengerukan Kali Ciliwung di segmen Jembatan Tongtek sampai pintu air Manggarai sepanjang 2,7 kilometer di Jakarta Selatan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.