YOGYAKARTA, Harnasnews.com  – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan Muhammadiyah dan TNI memiliki kesamaan pandangan bahwa kehidupan kebangsaan harus berpijak pada tiga nilai, yaitu Pancasila, agama, dan kebudayaan luhur bangsa.

“Alhamdulillah Pak Kasad (Kepala Staf Angkatan Darat) memiliki pandangan yang sama tentang nilai-nilai luhur dalam kehidupan bangsa Indonesia tersebut,” kata Haedar seusai menjamu Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman di Gedung PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Sabtu.

Jenderal Dudung bersilaturahim ke PP Muhammadiyah didampingi Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Rudianto beserta jajaran.

Menurut Haedar, silaturahim Jenderal Dudung dilakukan sebagaimana umumnya dengan para elemen bangsa untuk meningkatkan jaringan kerja sama dan komunikasi dalam satu bingkai keluarga besar bangsa Indonesia.

Ia mengatakan Muhammadiyah dengan TNI selalu menjalin hubungan yang baik sebagaimana dengan Polri dan institusi pemerintah karena memiliki keterkaitan sejarah yang panjang.

“Jenderal Sudirman sebagai kader dan tokoh Muhammadiyah menjadi bapak TNI pertama dan menjadi tokoh sentral dalam TNI,” kata dia, dikabarkan dari antara.

Menurut dia, nilai-nilai keprajuritan, perjuangan, dan kepahlawanan melekat dalam Muhammadiyah.