Harapan Pelaku Industri Terhadap Kandidat Capres

JAKARTA, Harnasnews.com Pelaku industri berharap para calon presiden (capres) memiliki program yang realistis terkait pengembangan industri di dalam negeri. Rencananya, para capres akan kembali menghadiri debat pada Sabtu (13/4) ini.

Topik yang akan diangkat dalam debat pamungkas tersebut adalah ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri Johnny Darmawan mengatakan, ada tiga hal yang menjadi harapan pelaku industri terhadap para capres yang akan bertarung dalam pemilihan presiden (pilpres).

Pertama, soal keseriusan para kandidat membangun sektor industri yang berkelanjutan.

“Kalau bisa kita membahas industri hanya sebagai simbol yaitu Indonesia sebagai negara industri. Industri itu dibangun sedemikian rupa sehingga berkelanjutan. Indonesia harus diprioritaskan di Indonesia supaya kita bisa bersaing dengan negara luar dan melakukan ekspor,” ujar dia, dikutip Liputan6.com.

Kedua, konsistensi capres terhadap aturan yang dikeluarkan. Hal ini penting untuk memberikan kepastian hukum bagi pelaku industri.

“Pemerintah selama ini belum konsisten terhadap aturan. Contohnya satu saat pro ke industri, tetapi impor dibuka. Harus konsisten dan konsekuen,” kata dia.

Ketiga, keberpihakan pemerintah terhadap industri dalam negeri. Salah satunya dengan memprioritaskan penggunaan produk-produk hasil industri di dalam negeri ketimbang impor.

Leave A Reply

Your email address will not be published.