Mantan Kepala Intelijen Militer Venezuela Ditangkap

MADRID, Harnasnews.com – Mantan kepala intelijen militer Venezuela ditangkap oleh polisi Spanyol atas tuduhan kasus narkoba dari Amerika Serikat (AS). Departemen Kehakiman AS, yang awalnya menutup tuduhan tersebut pada 2014, meminta kembali ekstradisi Hugo Carvajal.

Dikenal sebagai El Pollo (Ayam) Carvajal adalah tokoh terkemuka dalam politik Venezuela selama beberapa dekade. Dia telah berada di bawah sanksi AS sejak 2008, atas tuduhan membantu kelompok pemberontak Farc Kolombia dan melindungi pengiriman obat-obatan terlarang ke AS.

Dilansir BBC, federal menuduh Carvajal mengoordinasikan pengiriman kokain dari Venezuela ke Meksiko pada 2006. Pengirimannya mencapai 5.600 kg yang diumumkan dunia pada 2014. Kala itu, ia ditangkap atas dakwaan di Pulau Aruba, Karibia Belanda, tempat ia menjabat sebagai konsul, namun ia dibebaskan setelah permintaan ekstradisi ditolak.

Carvajal dulunya merupakan sekutu dekat pemimpin sosialis Venezueal, Hugo Chavez. Namun, pada Februari mengecam Presiden Nicolas Maduro. Ia mendukung pemimpin oposisi negara, Juan Guaido sebagai pemimpin sementara.

Carvajal kembali ke Venezuela untuk disambut sebagai pahlawan, dan secara terbuka memutuskan hubungan dengan kepemimpinan negara (Maduro) awal tahun ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.