Ibu Mufidah JK Pimpin Dekranas dan Kemenkop Kunjungi Mamuju

Mamuju,Harnasnews.com – Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), serta Tim Penggerak PKK menggelar sinergi program di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Sinergi kegiatan ini merupakan lanjutan dari program yang sama yang telah dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

Kegiatan sinergi program dilaksanakan tanggal 18-20 Maret 2019 itu meliputi Pelatihan oleh Kemenkop dan UKM dengan target peserta sebanyak 440 pelaku usaha, yang terdiri atas Penyuluhan Perkoperasian Usaha Bersama Pra Koperasi sebanyak 50 peserta, Konsultasi dan Pemberkasan sertifikasi Hak Cipta Produk KUKM sebanyak 50 peserta, Pelatihan Kewirausahaan sebanyak 40 peserta, Pelatihan Vocation Keterampilan Teknis bagi SDM KUKM sebanyak 30 peserta, Pelatihan Perkoperasian sebanyak 30 peserta, Temu mitra KUKM Produk Unggulan Daerah sebanyak 40 peserta dan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Dana Bergulir sebanyak 200 peserta.

Selain itu juga ada Penerima Bantuan Program Kementerian Koperasi dan UKM berupa Program Bantuan Kredit Usaha Rakyat dari Deputi Pembiayaan sebanyak 3 orang, Bantuan Modal Usaha untuk UMK Pasca Bencana dari Deputi Restrukturisasi sebanyak 6 orang, Program Bantuan Wirausaha Pemula dari Deputi Pembiayaan sebanyak 3 orang, Penyerahan sertifikat hak cipta dari Deputi Propasar sebanyak 2 orang.

Sebagaimana diketahui bahwa industri kerajinan telah berkembang dengan pesat di seluruh pelosok nusantara mengingat bahan baku lokal banyak tersedia seperti berbagai serat alam untuk anyaman, tanah liat untuk keramik, kayu, batuan, logam dan lain-lain. Industri ini tumbuh sangat bervariasi dari skala mikro, kecil  sampai skala menengah dan berbagai kendala masih dihadapi terutama dalam hal permodalan, pemasaran, teknik produksi dan lain-lain.

Sementara itu persaingan di pasar global semakin ketat, oleh karena itu diperlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong para perajin agar lebih giat lagi supaya dapat bersaing. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kemampuan SDM untuk mengembangkan produk-produk kerajinan yang berdaya saing sehingga laku di pasar.

“Oleh karena itu saya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan sinergi ini yang akan dimulai pada hari ini, dalam upaya meningkatkan wawasan UMKM Perajin agar lebih berdaya saing,” kata Ketua Umum Dekranas Mufidah Jusuf Kalla melalui siaran pers, Kamis (21/3/2019).

Mufidah mengatakan Dekranas sebagai mitra pemerintah telah melakukan berbagai program dan kegiatan dalam membina dan  mengembangkan UKM kerajinan di seluruh wilayah nusantara. Dalam hal ini Dekranas selalu bersinergi dengan Kementerian terkait dan Dekranasda dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pembinaan dan pengembangan UKM kerajinan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.