Ikuti Instruksi Anis, Pasar Jaya Kelola Sampah Secara Mandiri

 

Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin.

JAKARTA, Harnasnews.com– 153 pasar tradisional yang ada di Jakarta dibawah naungan Perumda Pasar Jaya merupakan penyumbang sampah terbesar di Ibukota. Tiap hari dari seluruh pasar tersebut memproduksi sampah sekitar 563 ton dari total volume timbulan sampah sekitar 8 ribu ton se-DKI Jakarta. Sesuai arahan gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan perumda pasar jaya akan melakukan pengelolaan sampah secara mandiri.

Jika pengelolaan sampah secara mandiri itu berjalan, efisiensi anggaran yang tiap bulan dikeluarkan untuk dibayarkan kepada Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk keperluan pembuangan sampah ke TPST Bantar Gebang Bekasi sebesar Rp.1 miliar bisa dipangkas.

“Gubernur DKI Jakarta telah menugaskan kepada kami untuk melakukan swakelola sampah dengan cara mengolah sampah menjadi pakan ternak,” ujar Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin di kantornya Jl Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/5) malam.

Dalam rangka efisiensi pengeluaran serta menjaga kebersihan lingkungan, sampah basah dari 153 pasar akan diolah menjadi pakan ternak berupa larva.

“Sesuai penugasan dari Gubernur DKI Anies Baswedan, kita merencanakan mengelola sampah sendiri secara bertahap,” kata Arief didampingi sejumlah direksi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.