Indobot Fest Ajak Anak-Anak Taklukkan Revolusi Industri 4.0

JOGYAKARTA,Harnasnews.com – Indobot Fest, yang merupakan rangkaian acara dari Jogja Hobbies Festival 2018, pameran hobi terbesar di Yogyakarta. Kegiatan ini menjadi salah satu yang menarik banyak pengunjung untuk ikut berpartisipasi.

Adalah Indobot, penyelenggara Indobot Fest, yang merupakan salah satu start up bidang pendidikan robotika asal Yogyakarta, yang menjadi tenant dalam acara Jogja Hobbies Festival 2018.

Berlangsung di Jogja Expo Center, tidak jauh dari pusat kota Jogja, tepatnya ada di jalan Janti, Wonocatur, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta. Dalam kegiatan ini terdapat lomba robot soccer untuk semua kalangan. Ada berbagaimacam kategori, seperti tingkat SD, SMP, SMA/SMK, serta umum. Semua peserta yang telah terdaftar akan dipilah sesuai katagorinya. Hanya dengan mendaftarkan diri melalui website Indobot maupun daftar on the spot di stand Indobot, peserta sudah mendapatkan fasilitas robotnya dan kegiatan ini diselenggarakan secara gratis.

Ketentuan lomba robot soccer ini sangatlah mudah, dalam satu kali pertandingan, kedua peserta harus bisa memasukkan bola ke gawang lawan menggunakan robot mereka. Robot dapat dikendalikan menggunakan Smartphone yang sudah terinstal aplikasi. Disini, kelihaian peserta dalam mengendalikan robot menjadi salah satu kuncinya. Terdapat tiga ronde dalam satu kali pertandingan untuk mendapatkan sang pemenang.

Kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 1 sampai 4 Desember 2018. Lomba robot soccer akan dibuka secara fleksibel untuk setiap katagori dari tanggal 1 sampai 3, dan pada tanggal 4 akan diadakan final. Masing-masing pemenang lomba juga akan mendapatkan hadiah menarik dari Indobot.

Sejauh ini respon masyarakat cukup bagus, seperti salah satu pengunjung, yaitu Bapak Adi yang berpartisipasi mengikuti lomba robot soccer bersama anaknya. “Anak saya sangat tertarik dengan robotik, makannya saya senang sekali jika banyak kegiatan seperti ini, semoga tahun depan Indobot bisa mengadakan lomba ini lagi” tambah bapak Adi.

Tidak hanya lomba, dalam kegiatan ini, kita juga bisa banyak sharing-sharing tentang robotika dan pengunjung juga bisa bergabung ke komunitas Forum Belajar Robot Indonesia bersama Indobot.

Indobot Fest merupakan kegiatan pertama dari Indobot. Oby, founder dan CEO dari CV Indobot mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini, ia berharap agar masyarakat bisa lebih aware terhadap dunia robotika. Mengingat saat ini Indonesia sudah memasuki era Revolusi Industri 4.0, dimana teknologi seperti internet of things, artificial intelegent, smart robotic dan teknologi canggih lainnya akan sangat berkembang dengan pesat. “Oleh sebab itu, Indobot menghadirkan pembelajaran robotika yang menyenangkan, mengadopsi metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) yang saat ini juga sedang berkembang di luar negeri , seperti Amerika. Dan metode tersebut terbukti efektif untuk anak-anak” tambah Oby.(Red/Sandi)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.