Indonesia Harus Keluar dari Negara Berpenghasilan Menengah

JAKARTA, Harnasnews.com – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro berpesan agar Indonesia jangan sampai terjebak pada negara berpenghasilan menengah. Hanya sedikit yang bisa keluar dari negara berpenghasilan menengah.

“Yang bisa lulus sedikit itu tadi adalah negara-negara yang langsung fokus pada sumber daya manusia sebagai bahan bakar pertumbuhannya,” kata Bambang saat menjadi pembicara kunci Forum Diskusi Membangun Ekosistem Riset dan Inovasi yang diselenggarakan oleh IABIE, Ahad (11/4).

Negara yang bisa lulus ini, lanjut Bambang, juga selalu mengadopsi perkembangan teknologi yang terkini melalui sektor industri manufaktur. Selain itu, negara-negara ini juga mengedepankan inovasi sebagai upaya untuk mempertahankan daya saing yang sudah dibentuk sebelumnya.

Bambang mencontohkan negara yang berhasil keluar dari jebakan penghasilan menengah dengan cepat, yaitu Korea Selatan (Korsel). Sebagai negara yang miskin sumber daya alam (SDA), Korea Selatan terus meningkatkan SDM-nya dan dalam waktu singkat industri manufaktur di negara tersebut meningkatkan perekonomian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.