Ingin Lahir Penangkar Hebat, Distan Gelar Tanam Perdana

Nasional

SUMBAWA,Harnasnews.com – Dinas Pertanian (Distan), Kabupaten Sumbawa beberapa hari lalu melaksanakan tanam perdana di kelompok tani ai asin di Desa Marga Kecamatan Moyo Hulu.

Pelaksanaan tanam perdana tersebut dilakukan di hamparan 10 hektar di wilayah kelompok ai asin tersebut dihadiri oleh sejumlah PPL koordinator, KUPT-PIA, POPT,BPSB, Kabid dan Sekdis Pertanian Sumbawa.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa Ir. Ni Wayan Rusmiati kepada wartawan media ini mengatakan bahwa kegiatan tanam perdana tersebut merupakan program dari kementan RI.

“Tahun ini Sumbawa dapat 100 hektar dapat bantuan koroorasi bibit jagung dari Kementan. Varietasnya hibrida nasa 29,”ungkapnya.(28/4/2020)

Lanjutnya, dari 100 hektar tersebut pada MK 1 ini ditanami 10 hektar. Dan jumlah kelompok yang dapat bantuan adalah 10 kelompok setiap kelompok anggotanya 25 orang,” tandasnya.

Tambah sekdis, di Sumbawa saat ini sudah banyak penangkar padi. Dan yang masih kurang adalah penangkar jagung. Jadi, dalam kegiatan ini Kementan RI berharap agar benih jagung yang ditanam oleh kelompok tani bisa menghasilkan jagung yang banyak dan bibitnya berkuakitas serta akan lahirnya penangkar jagung yang hebat di Kabupaten Sumbawa.

“Penangkarnya nanti harus bersertifikasi. Dengan adanya korporasi jagung ini dengan harapan kabupaten Sumbawa bisa memproduksi jagung sehingga kedepannya tifak ada lagi ekspor,” sambungnya.

Sambung sekdis, ia juga menjelaskan selain bantuan jagung hibrida kelompok tani juga mendapatkan bantuan sarpras lainnya seperti herbisida, pestisida, pupuk organik dan pupuk non organik,”katanya.(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.