Johan Rosihan Gelar Tanam Padi Perdana di Songkar

Nasional

SUMBAWA,Harnasnews.com – Bertempat di kelompok tani Galak Jango Desa Songkar Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS H. Johan Rosihan,ST melakukan tanam padi perdana.

Berdasarkan pantauan wartawan media ini dilokasi terlihat H. Johan Rosihan dalam melakukan tanam perdana didampingi Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Awaluddin Hipi, Kepala Dinas Pertanian Ir. Sirajuddin, Camat Moyo Utara dan Kepala Desa setempat.

H. Johan Rosihan dalam sambutannya dihadapan para petani mengatakan dalam kegiatan tanam perdana denfarm vub padi khusus dengan teknologi jarwo super ini hasilnya nanti untuk membantu stanting.

“Sebagi komitmen kami nantinya hasil dari apa yang kita tanam ini akan kita beli semuanya nanti,”ungkapnya (8/6).

Menurut H. Johan sapaan akrab politisi PKS dapil NTB 1 ini bahwa program ini sangat baik. Dalam evaluasi apbn 2021 komisi IV akan menambah beberapa titik dalam hal penyedian beras.

“Komisi IV mewajibkan dirjen teknis diminta agar menggunakan bibit dari BPTP,”terang Johan

Lanjut Johan, oleh karena itu agar petani menggunakan bibit yang dihasilkan oleh BPTP.

“Ada 600 bibit unggul baru yang dihasilkan oleh BPTP NTB. Dan BPTP harus lebih kreatif lagi untuk membuat bibit unggul agar sinergitad yang dibangun untuk membuat petani lebih sejahtera,”harap Johan.

Selain itu juga johan menyebutkan ada tiga hal yang selalu menjadi persialan selama ini yakni tentang stok pupuk, soal distribusi dan ketiga harganya terjangkau.

“Soal tiga hal tersebut ada kesenjangan. Karena masih ada miskin dan kaya. Distribusi kita terjangkau. Makanya kita bantu bibit, pasca panen karena pemerintah tidak terpaku pada produksi saja tapi selalu berfikir tentang kesejahteraan rakyat,”tutupnya.

Sementara itu ditempat yang sama dalam sambutannya Kepala BPTP NTB Dr. Ir. Awaluddin Hipi menegaskan bahwa Balitbangtan BPTP NTB merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari kementerian pertanian yang memiliki tugas dan fungsi melakukan pengkajian teknologi pertanian spesifik lokasi NTB.

Leave A Reply

Your email address will not be published.