Jumat Curhat Bersama Kapolda Jatim Di Masjid Cheng Hoo

Berita

PASURUAN, Harnasnews – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Toni Harmanto bersama Wakapolda Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo, bersama PJU Polda Jatim menggelar kegiatan “Jumat Curhat” bersama masyarakat Kabupaten Pasuruan yang diselenggarakan di Masjid Muhammad Cheng Hoo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jum’at (27/01/2023).

Pelaksanaan Jumat Curhat tersebut dilakukan bertujuan untuk menampung seluruh aspirasi masyarakat juga bertujuan agar Polri bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat terkait pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Pada momen tersebut, Mas Dion Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan juga hadir dan menyambut hangat kedatangan Kapolda dan Wakapolda Jatim di Halaman parkir Masjid Ceng Ho Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan Jum’at Curhat dapat menjadi wadah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan keluhannya terhadap pelayanan Polri yang diberikan kepada masyarakat.

“Dalam kesempatan hari ini, saya membawa seluruh PJU Polda Jatim untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat terkait apa yang menjadi keluhan serta curhatan mereka terhadap pelayanan Polri, agar bisa langsung dijawab saat ini,” ucap Kapolda.

Dengan pelaksanaan Jumat Curhat ini, Irjen Toni Harmanto berharap agar kegiatan ini bisa terus diselenggarakan. Oleh karena itu, Kapolda menegaskan agar komunikasi dengan masyarakat bisa dilanjut juga dilaksanakan oleh Kapolres dan Kapolsek, supaya komunikasi terjalin sehingga bisa menampung seluruh aspirasi masyarakat.

“Kunjungan saya kali ini di Pasuruan adalah dalam rangka membangun kepercayaan publik terhadap Kepolisian dan juga kepada tugas-tugas pokok Polri,” jelas Irjen Toni Harmanto.

Selain menampung aspirasi masyarakat, pada kegiatan Jumat Curhat ini juga dilaksanakan pelayanan perpanjangan SIM keliling dan Bhakti Kesehatan secara gratis. Bhakti Kesehatan itu meliputi pelayanan riksa kesehatan umum, riksa lab kesehatan, konsultasi kesehatan umum dan gigi, pemberian obat gratis sesuai diagnosa, serta pelayanan vaksinasi Booster.

Dalam sesi tanya jawab, perwakilan dari Perusahaan di wilayah Kabupaten Pasuruan mengatakan, “Banyak terjadi pelanggaran pengendara sepeda motor, kami minta tolong kepada pihak kepolisian agar diaktifkan lagi bentuk tilang manual, dan perihal perpanjangan SIM alangkah baiknya tidak diberlakukan perpanjangan SIM dan lebih baik SIM diberlakukan seumur hidup,” tanyanya.

Kapolda menjawab, “SIM bukan identitas tetapi berhubungan dengan kompetensi kemampuan seseorang, dan setiap orang tidak selalu tahu kondisi kesehatannya, sehingga bisa terjadi lima tahun kedepan ada yang sakit atau mengalami kecelakaan sehingga cacat yang dapat mengurangi kemampuan dalam berkendara, oleh karena itu perpanjangan SIM itu bertujuan untuk mengecek update kondisi kesehatan dan kemampuan setiap pengendara baik R2 maupun R4,” jawabnya.

Ditambahkan Dirlantas Polda Jatim Kombes M. Taslim Chairuddin, bahwa SIM merupakan syarat yang harus dipenuhi tentang pengetahuan, keterampilan, dan tingkah laku.

“Oleh karena itu setiap lima tahun sekali dilakukan perpanjangan, gunanya untuk mengetahui seseorang itu apakah masih punya kemampuan atau masih sehat dalam mengendarai sebuah kendaraan di jalan raya,” tambah Kombes M. Taslim Chairuddin.

Selanjutnya Hari Santoso dari forum komunikasi kecamatan Pandaan juga bertanya terkait bentuk kolaborasi masyarakat dengan polri dalam penanganan bencana alam.

“Potensi bencana alam memang masih ada di masing-masinh wilayah, untuk itu polri sudah menggelar penanggulangan bencana dan harus disikapi oleh elemen masyarakat sehingga ada kolaborasi serta sinergi dengan baik antara mayarakat dan polri dalam menanggulangi bencana alam,” jelas Kapolda Jatim.

Kapolres Pasuruan, AKBP Bayu Pratama Gubunagi juga menambahkan, “kami melibatkan beberapa pihak dari Forkopimca dan para tokoh masyarakat, juga melibatkan pihak perusahaan yang dilibatkan untuk membantu masyarakat dalam menangani bencana alam yang terjadi,” tambahnya.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.