Kapolda Jatim Menyerap Aspirasi Warga Secara Door To Door

BERITA

PASURUAN, Harnasnews – Dalam rangka mendekatkan diri dengan masyarakat dan mendengar langsung aspirasi serta keluhan yang ada di tengah-tengah masyarakat, Kapolda Jawa Timur, Irjen. Pol. Dr. Toni Harmanto, M.H. mengadakan acara “Jumat Curhat” di Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan pada Jumat (24/8/2023).

Acara yang diadakan di salah satu rumah warga yang benama Sutiah (43) bersama Ketua RW dan Lurah setempat. Kapolda Jatim didampingi para pejabat kepolisian daerah timur serta beberapa pejabat pemerintah setempat, utamanya Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Makung Ismoyo Jatih.

Dalam acara, Kapolda Jatim memberikan sambutan hangat kepada masyarakat yang hadir. Dirinya juga menjelaskan tujuan dari kegiatan “Jumat Curhat” bertujuan untuk mendengarkan secara langsung masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat serta mencari solusi bersama.

“Kita merubah pola saja sebetulnya, yang tadinya kita biasa berkumpul di satu tempat sekarang langsung door to door supaya bisa mendengarkan langsung dari warga. Agar pelayanan Polri – TNI pada masyarakat lebih enak dan lebih komunikatif, serta kami bisa lebih memahami aspirasi masyarakat dan dapat mengambil langkah-langkah konstruktif dalam menjaga situasi keamanan kenyamanan di wilayah ini.” Ucap Irjen Pol Toni.

Ditegaskan Kapolda Jatim bahwa, “Saya ingin memastikan bahwa kepolisian selalu siap untuk mendengar dan membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang ada,” ucapnya.

Yuni (38), salah seorang warga menyampaikan kekawatirannya dalam mendapatkan bantuan mobil operasional ke rumah sakit atau ke puskesmas.

“Apakah boleh mobil Kepolisian dapat mengantarkan warga yang sakit untuk berobat ke rumah sakit atau puskesmas,” tanya Yuni.

Walaupun pada saai ini disetiap Puskesmas atau Rumah Sakit selalu ada mobil operasional maupun dari Pemerintah Kota Pasuruan yaitu unit PSC Kota Pasuruan dengan nomor layanan 119 namun tetap ada rasa khawatir jika tidak ada mobil sama sekali.

Menanggapi keluhan warga tersebut Kapolda Jatim mempersilahkan masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk menghubungi Polisi khususnya Polres Pasuruan Kota dalam hal ini.

“Kami sudah konfirmasi kendaraan di Puskesmas dan Kami (Polisi) sudah menyediakan dua kendaraan alternatif yang nantinyadapat digunakan masyarakat untuk kepentingan kesehatan.” terang Kapolda.

Kapolda yang mengapresiasi kinerja Polisi RW di Gg Jambangan, karena dalam 1 tahun telah mendapatkan juara dan berpesan untuk terus menjaga kebersihan dan keamanan di lingkungan Kelurahan Purworejo.

Dengan adanya acara seperti ini, diharapkan komunikasi antara kepolisian dan masyarakat semakin erat, sehingga masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat dapat diselesaikan secara bersama-sama melalui kolaborasi yang baik antara berbagai pihak.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.