Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya dan Sekda Pemprov Jatim Bubarkan Kerumunan Massa

Nasional

SURABAYA,Harnasnews.com  – Menindak lanjuti Maklumat Kapolri Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si bersama dengan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI R. Wisnoe Prasetija Boedi, Sekda Propinsi Jatim Heru Wahyudi melakukan  pembubarran terhadap kerumunan  kerumunan massa .

Dengan menggunakan megaphone, Kapolda berikan himbauan kepada masyarakat yang nekat keluar dari rumah, berkumpul di tempat-tempat umum. Bukan hanya membubarkan kerumunan massa, Polda Jatim juga menyemrot dengan menggunakan cairan Disinfektan.

“Ada beberapa titik rute yang kita datangi, diduga terdapat masyarakat yang nekat nongkrong atau kumpul dengan jumlah besar. Kami bubarkan, dengan memberi himbauan agar tidak keluar dari rumah,” kata Luki.

Tujuan dari pembubaran kerumunan massa ini, lanjut Luki, menindak lanjuti Maklumat Kapolri guna mencegah berkembangnya Covid – 19 dan meminimalisir bertambahnya korban serta menghimbau masyarakat segera kembali ke rumah masing – masing.

“Kami bersama pak Pangdam dan pak Sekda mewakili Ibu Gubernur, malam ini kami menindaklanjuti hasil rapat tadi siang. Selain itu sesuai kami juga menindaklanjuti maklumat dari Kapolri yang berisi membubarkan kerumunan massa ditengah wabah corona. Kegiatan operasi sendiri akan dilaksanakan secara serentak seluruh Polda jajaran di seluruh Indonesia,” tandas Kapolda Jatim Luki Hermawan. Senin (23/3/2020) pukul 22.00 WIB.

Seperti yang dikatakan Kapolda, beberapa titik yang dijadikan rute operasi pembubaran kerumunan massa tersebut adalah Kafe Rolag, Jalan Prapanca dan Diponegoro.

Kemudian berlanjut ke Pujasera kawasan Urip Sumoharjo, Taman Bungkul Raya Darmo dan berakhir deretan Warkop (warung kopi) sekitaran jalur Frontage Surabaya.

Kapolda juga menjelaskan, berdasarkan data di Jawa Timur per hari ini jumlah ODP sudah mencapai 1400 orang lebih. Untuk itu, Kapolda menghimbau agar masyarakat untuk tetap berada di rumah.

“Yang ODP di Jawa Timur per hari ini 1400 lebih, makanya malam hari ini Saya akan melakukan bersama Pak Pangdam gabungan TNI Polri dan Forum Forpimda masuk ketempat-tempat nongkrongnya anak muda,” pungkas Kapolda. (Pril/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.