Polres Trenggalek Gandeng Forkopimda Gelar Operasi Cipkon

Trenggalek, Harnasnews.com – Kepolisian Resort Trenggalek bersama Forkopimda melaksanakan gelar oprasi Cipta Kondisi (Cipkon), meninjaklanjuti merebaknya virus corona yang lebih terkenal Covid-19. Senin (23/03/2020).

Operasi gabungan yang melibatkan petugas dari Polres, Kodim, Satpol PP, Kesbangpol, Dinas Kesehatan dan Polisi Meliter (PM) dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. Turut hadir dalam operasi gabungan Joko Irianto Sekda, Widarsono Kadis Kesbangpol dan Dinas Kesehatan yang digelar serentak di wilayah Kabupaten Trenggalek.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan imbauan kepada masyarakat guna mencegah menyebarkan Covid-19 sekaligus menindaklanjuti Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona,” ungkap Kapolres saat memimpin apel gabungan di Mapolres Trenggalek.

Menurut Jean Calvijn, Operasi Cipkon tersebut adalah upaya kemanusian dalam rangka meminimalisir merebaknya virus corona terutama melalui kebijakan social distancing serta mengedukasi warga untuk melakukan karantina mandiri dan menjaga pola hidup sehat. Selain itu dilakukan pula pemeriksaan kesehatan dan penyemprotan fasilitas umum menggunakan disinfektan di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, lanjut Jean Calvijn, pihaknya mengedepankan pola persuasif humanis dalam bentuk pemberian imbauan pada lokasi-lokasi yang ramai kerumunan untuk kembali kerumah masing-masing.

“Cipkon dilaksanakan bersama instansi terkait dan dilaksanakan serentak se Kabupaten Trenggalek. Ditingkat Kecamatan oleh masing-masing Polsek jajaran bekerja sama dengan Koramil dan petugas Kecamatan,” terang Kapolres.

Dalam kesempatan ini Kapolres dan Sekda Joko Irianto serta Kasatpol PP juga Kadis Kesbangpol Trenggalek, turun langsung mengimbau kerumunan pengunjung warkop maupun cafe yang masih nongkrong agar kembali kerumah masing-masing.

Tak ketinggalan Jean Calvijn Simanjuntak mengingatkan agar warga menjalankan social distancing serta menjaga imun dan kesehatan agar tak terjangkit virus corona, juga menempelkan Maklumat Kapolri di setiap tempat yang disinggahi. (Geng/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.