“Saya cuma mengingatkan rekan-rekan dari jajaran Korlantas juga memiliki peran penting untuk menjaga agar stabilitas kamtibmas tetap terjaga,” kata Sigit saat memberikan sambutan dalam acara syukuran HUT ke-68 Korlantas Polri Pusdik Lantas Polri, Serpong, Tangerang, Senin.

Tugas-tugas Korlantas yang perlu di antisipasi seperti pengawalan para calon presiden dan calon wakil presiden pada saat kampanye terbuka di beberapa lokasi, bila terjadi kampanye bersamaan, dapat diatur arus lalu lintas, rute yang dilalui agar tidak terjadi kepadatan arus antara masing-masing pasangan calon.

“Kemudian aturan di jalan seperti apa, ini peran jajaran lalu lintas, mempersiapkan pengawalan calon presiden dan calon wakil presiden,” katanya.

Tugas Korlantas lainnya, adalah pada saat distribusi logistik surat suara, kotak suara, ke masing-masing wilayah.

Kapolri juga menitik beratkan peran Korlantas sebagai cooling sytem sebelum, saat dan setelah pemilu. Dimana diyakini Korlantas Polri memiliki sarana dan prasarana didukung teknologi yang mumpuni untuk berperan dalam menjaga stabilitas masyarakat pada saat pemilu.

“Saya titip untuk bisa melakukan cooling system karena rekan-rekan jajaran lalu lintas memiliki keunggulan yang teknologi informasi jadi saya kira dari ruang-ruang yang dimiliki tolong cooling sytem bisa dilaksanakan dengan baik,” pinta Kapolri.