Kasdam V/Brawijaya: Selamat Hari Lahir Pancasila

Surabaya, Harnasnews.Com   – Tepat hari ini, Jumat, 1 Juni 2018 merupakan hari libur Nasional dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. Sudah dua tahun ini, tepatnya di mulai tahun 2017 lalu, Pemerintah telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai peringatan hari lahir Pancasila, sekaligus hari libur Nasional.

Sehubungan dengan hal itu, memasuki hari lahir Pancasila ke-73 tahun ini, seluruh institusi Pemerintah di Indonesia, sekaligus seluruh elemen masyarakat, berbondong-bondong menggelar upacara hari peringatan tersebut.

Seperti yang berlangsung di lapangan hitam Makodam V/Brawijaya saat ini. Melalui amanat Presiden RI, Joko Widodo, yang dibacakan oleh Brigjen TNI Widodo Iryansyah, S. Sos, M. M, mengatakan, sudah 73 tahun lamanya, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhineka Tunggal Ika. Bahkan, Pancasila, akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

“Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa pada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia,” jelas Kasdam V/Brawijaya. “Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan kepada Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945,” tambahnya.

Tak hanya satu kelompok, menurut Kasdam, para pendiri Bangsa berasal dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang yang duduk secara bersama-sama untuk menetapkan Pancasila, sebagai pemersatu segala perbedaan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.