Kaya Rasa – Kaya Cerita : Seminar Pendidikan Komnasdik di BG Junction

Penulis : Faqih Syarif Hasyim

  1. Emotion intelligence

Emotion intelligence atau kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengatur, menilai, menerima, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya.

  1. Judgment and decision making

Judgement and decision making adalah kemampuan untuk menarik kesimpulan atas situasi yang dihadapi serta kemampuan untuk mengambil keputusan dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang berada di bawah tekanan.

  1. Service orientation

Service orientation adalah keinginan untuk membantu dan melayani orang lain sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan memiliki service orientation, kita akan selalu berusaha memberikan yang terbaik pada pelanggan tanpa mengharapkan penghargaan semata.

  1. Negotiation

Kemampuan berbicara, bernegosiasi, dan meyakinkan orang dalam aspek pekerjaan. Tidak semua orang secara alamiah memiliki kemampuan untuk mengadakan kesepakatan yang berbuah hasil yang diharapkan, namun hal ini dapat dikuasai dengan banyak latihan dan pembiasaan diri.

  1. Cognitive flexibility

Cognitive flexibility atau fleksibilitas kognitif adalah kemampuan untuk menyusun secara spontan suatu pengetahuan, dalam banyak cara, dalam memberi respon penyesuaikan diri untuk secara radikal merubah tuntutan situasional.

Nah, itu dia sepuluh kemampuan yang dibutuhkan di Revolusi Industri 4.0, pastikan Sobat Teknologinya  sekalian menyiapkan segalanya dari sekarang!

Materi lain disajikan oleh Bram Wibisono Trainer ESQ Jakarta menyajikan materi tentang Aktualisasi Grand Whay – Maksimalkan Bahagiamu.

Banyak orang merasa bahagia dengan yang sedikit. Sementara banyak yang memiliki banyak uang, namun tidak bahagia. Ternyata jawabannya ada pada Grand Why. Mengapa bisa begini? Ternyata ini dijelaskan dalam ilmu psikologi lho. Ternyata ditemukan oleh Kasser & Ryan (1993) bahwa orang yang menempatkan prinsip kuat mengenai uang dan makna kekayaan biasanya juga memiliki hubungan yang baik dengan pasangan, memiliki pertumbuhan karakter yang baik, dan murah hati di masyarakat dimana ia hidup. Ketiga hal yang mendatangkan kebahagiaan tersebut, berkaitan dengan terpenuhinya kebutuhan psikologis dasar, yang membuat orang lebih mudah meraih kebahagiaan.

Sementara, hal yang sebaliknya akan terjadi bila seseorang menempatkan prioritas hidup pada materi untuk mencapai aktualisasi diri atau menemukan Grand Why. Tujuannya adalah untuk mencapai popularitas dan imej diri, saat ia tidak dapat memenuhi ketiga kebutuhan psikologis dasar diatas. Padahal, materi hanya dapat memenuhi sedikit dari kebutuhan psikologis seseorang, dan bahkan akan membuat seseorang terdistraksi dari fokus hidup utamanya yang seharusnya dapat memenuhi kebutuhan untuk bahagia tersebut. Luar biasa dan sajian materi ini mendapat perhatian penuh dari peserta.

Selasa, 30 April 2019 adalah pelantikan pengurus bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 2 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. Emil Elestiyanto Dardak, M.Sc. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Dr. Syaiful Rahman, MM., M.Pd  Para Pimpinan Daerah Kabupaten/Kota se Jawa Timur.

Usai acara pelantikan, rencananya akan dilanjutkan dengan penandatangan MoU dengan berbagai pihak.

Salam Dahsyat dan Luar Biasa! Kaya Rasa-Kaya Cerita. (Red/Adi)

Leave A Reply

Your email address will not be published.