iklan

Kejati Jatim Berhasil Limpahkan 11.385 Ke Pengadilan, Dari Jumlah 16.398 SPDP

SURABAYA, Harnasnews.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur gelar kegiatan pers release capaian kinerja jajarannya sejak Januari hingga November tahun 2019, di Aula lantai 3 kantor Kejati Jatim, jalan Ahmad Yani No 54, Surabaya, Selasa (31/12/19).

Kepala Kejati Jatim M Dofir membeberkan rekapitulasi penanganan perkara pidana umum (Pidum) selama tahun 2019 ini, pihaknya telah menerima sebanyak 16.398 Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari penyidik kepolisian.

“Tercatat sebanyak 11.385 berkas perkara yang berhasil sudah kita limpahkan ke pengadilan,” ujar M Dhofir pada media ini.

Dari jumlah SPDP tersebut, terungkap bahwa jumlah perkara yang berhasil dilimpahkan ke pengadilan tak sebanyak SPDP yang masuk. Dhofir mengatakan, sisa dari perhitungan tersebut masih dalam proses.

“Jumlah sisanya, masih menempuh mekanisme alur kordinasi antara pihak penyidik dengan jaksa peneliti,” ucapnya.

Masih kata Dhofir, dari 273 kasus telah diterbitkan Surat Penghentian Penyidikan Perkara (SP-3). Sebanyak 13.233 kasus memasuki tahap 1 (penyerahan berkas perkara), sebanyak 708 tahap P-17 (permintaan perkembangan hasil penyelidikan), sebanyak 1.575 tahap P-18 dan P-19 (pengembalian berkas ke penyidik kepolisian untuk dilengkapi).

“Sebanyak 2.383 berkas perkara kembali ke Penuntut Umum (PU) dan menunggu proses selanjutnya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, menurut Kepala Kejati Jatim (Kajari) yang baru menjabat selama lebih kurang tiga bulan tersebut mengatakan, 11.597 berkas perkara sudah dinyatakan P-21 (lengkap), dan 11.924 sudah memasuki proses tahap II (penyerahan barang bukti dan tersangka dari penyidik kepolisian ke jaksa penuntut).

Dari jumlah perkara yang berhasil dilimpahkan ke pengadilan diatas, sebanyak 7.445 perkara sudah diputus. “732 perkara tengah proses upaya hukum, dan 7.539 putusan sudah berhasil kami eksekusi,” pungkas M Dofir.

Untuk diketahui, dalam kegiatan kali ini, puluhan wartawan baik dari media elektronik, media cetak dan online turut menghadiri acara yang digelar setiap tahun tersebut.

Di akhir acara, Kajari M Dhofir berkesempatan untuk melakukan sesi foto bersama dengan seluruh awak media yang hadir. (Kri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.