Kemenhub Mulai Buka Pendaftaran Mudik Gratis

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Kementerian Perhubungan mulai membuka pendaftaran mudik gratis tahun 2023 di 3 Kota. Mereka menyiapkan 459 bus untuk 24.000 calon pemudik.

Pendaftaran mudik gratis telah dibuka di 3 kota yaitu Tanggerang, Depok dan Kota Bekasi. Salah satunya di terminal Kayuringin, kelurahan Kayuringin Jaya Bekasi Selatan Kota Bekasi.

Kemenhub menyiapkan juga untuk 28 titik tujuan arus mudik dan 8 Kota untuk arus balik. Pendaftaran di mulai pada 13 Maret hingga 14 April 2023.

“Ini merupakan program dari kementrian perhubungan kota tujuannya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera,” ujar Kasi Angkutan Tidak Dalam Trayek Dishub Kota Bekasi Permana kepada media pada Selasa (13/03/23).

Adapun untuk tata cara pendaftaran, sebelumnya telah dilakukan sosialisasi oleh Dinas Perhubungan masing-masing Kota, untuk di Kota Bekasi, bisa mendaftarkan diri ke posko di Terminal Kayurngin.

Pendaftaran penyelenggaraan mudik gratis direspon baik oleh masyarakat. Hal ini terlihat dengan banyaknya warga yang mendaftar.

“Cukup membludak disini, pas pagi jam 7 kami launching mereka calon penumpang sudah berkumpul disini dan langsung dilayani oleh petugas,” ungkapnya.

Dari 459 bus yang telah disiapkan ialah 44 bus pariwisata dan 32 bus AKAP. Untuk calon pemudik yang mendaftarkan diri melalui terminal Kayuringin, akan diberangkatkan melalui terminal Pulogebang.

“Iya jadi gini titik pemberangkatannya disini ada di Terminal Jatijajar Depok, Pondok Cabe Tangsel, dan Terminal Pulogebang jadi diarahkan kesana. Sebelum berangkat, mereka harus memvalidasi kembali karena kan ada barcode,” katanya.

Persyaratan mudik gratis hanya menyiapkan KTP serta Kartu Keluarga (KK) baik Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi maupun DKI Jakarta. (Mam).

Leave A Reply

Your email address will not be published.