Keren,SMKN 2 Lamongan Raih Adiwiyata Mandiri 2023

SURABAYA,Harnasnews – Prestasi membanggakan ditorehkan SMKN 2 Lamongan yang memperoleh penghargaan Adiwiyata Nasional dan Mandiri 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr.Ir Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. Selasa (17/10) di Kantor KLHK Jakarta lalu.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Lamongan Matekur menuturkan, bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap komitmen sekolah yang sudah konsisten dalam menerapkan gerakan peduli berbudaya lingkungan hidup di sekolah (PBLHS).

“Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap praktik-praktik peduli lingkungan yang diterapkan di sekolah. Terlaksananya PBLHS secara berkelanjutan tentu akan membawa dampak positif, utamanya pada peningkatan kualitas lingkungan hidup daerah sekitar,” tutur Matekur.

Matekur menjelaskan,bahwa terdapat tujuan jangka panjang penerapan Adiwiyata di sekolah. Yakni menanamkan jiwa peduli lingkungan kepada siswa sejak dini.

“Adiwiyata merupakan program yang sangat ideal untuk memberikan edukasi tentang kesadaran peduli lingkungan sejak dini dan akan diterapkan hingga nanti,” jelasnya.

Tak lupa,Matekur juga terus memberikan motivasi kepada Guru,Siswa,Komite sekolah agar penghargaan ini terus konsisten dan menjalankan program peduli lingkungan yang ada di sekolah. Karena penghargaan merupakan awal dari implementasi yang maksimal.

“Penilaian akan terus dilakukan selama 5 tahun sekali, namun itu bukan menjadi hal yang mengancam. Karena tujuan utama kita ialah memaksimalkan penanganan lingkungan, penghargaan adalah bonus,” tambah Matekur.

Penilaian yang sudah  dilakukan sejak bulan Januari lalu terbagi menjadi 3 tahapan, diantaranya tahap seleksi administrasi, seleksi dokumen, dan verifikasi lapangan. Yang mana semua penilaian harus meliputi 6 aspek PRLH ( Perilaku ramah lingkungan Hidup) dalam gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

“Terima Kasih kepada seluruh guru, karyawan, semua siswa dan wali murid atas dukungan dan kerja kerasnya selama ini, serta Pemkab Lamongan melalui DLHP yang selalu mendampingi kami untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan terhadap lingkungan hidup”.Kini SMKN 2 telah meraih predikat Adiwiyata Mandiri danAdiwiyata Nasional serta memiliki Pusat Keunggulan (PK) berupa Teknik Pengelasan Kapal.Ungkapnya.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Lamongan Hidayat Rahman mengatakan,Saya ucapkan Selamat dan Sukses SMKN 2 Lamongan Jawa Timur.

Tentu piagam penghargaan ini dari tingkat Nasional sangat kami apresiasi dan kami selaku kepanjangan tangan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tentu sangat mendukung ke lembaga-lembaga agar menjadi sekolah Adiwiyata Nasional.

Kalau sudah memperoleh Adiwiyata Nasional duakali itu akan menjadi atau bisa mendapatkan Adiwiyata Mandiri.

Dan Adiwiyata tersebut akan menambah pundi-pundi penghargaan dari pada Pemkab atau kota mendapatkan Adipura, oleh karena itu selain substansi Adiwiyata menjaga kebersihan serta cinta kepada lingkungan termasuk bagian dari pada ibadah kita semuanya

Disela kesempatan tersebut,Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Lamongan Hidayat Rahman menambahkan kita selalu bersinergi berkolaborasi bersama LSM dan Media tak lain demi jalin kemitraan untuk Lamongan yang Kondusif, Guyup dan rukun

Beberapa Kepala SMAN/SMKN dan LSM-MEDIA Kabupaten Lamongan berkoordinasi bersama-sama demi mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan. Kegiatan tersebut bertempatkan di Aula Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wil. Kab. Lamongan.

Saya ucapkan terimakasih kepada teman-teman LSM-MEDIA atas kerjasamanya, bareng bareng menjaga Lamongan yang kondusif, guyup dan rukun.tutupnya.(Pul)

Leave A Reply

Your email address will not be published.