Kesbangpoldagri Seleksi Anggota Paskibraka Sumbawa 2023

SUMBAWA, Harnasnews – Kegiatan Rekruitmen dan Pelatihan bagi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumbawa tahun 2023 kini ditangani dan dipercayakan sepenuhnya kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Sumbawa.

Dalam hal ini Pemda Sumbawa telah menyiapkan bantuan anggaran dari APBD senilai Rp 1,1 Miliar melalui Dana Alokasi Umum (DAU) untuk menunjang program Paskibraka tersebut, dan sejauh ini sudah ada 11 orang siswa SMA/SMK/MA didaerah ini yang telah terdaftar.

“Kami membuka peluang sebanyak-banyaknya siswa yang mendaftar,”   ungkap Kepala Bakesbangpoldagri Kabupaten Sumbawa Rosmin Junaidi didampingi Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan Taufik Abd Syukur di ruang kerjanya belum lama ini.

Dijelaskan, penanganan Paskibraka tahun 2023 kini sesuai dengan nomenklatur baru kini sudah menjadi kewenangan Bakesbangpoldagri, yakni sesuai dengan surat dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Direktorat Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan yang mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2022 tentang Paskibraka sefrta Peraturan BPIP Nomor 3 Tahun 2022 tentang peraturan pelaksana Perpres dimaksud.

“Maka dalam hal pelaksanaan pembinaan ideologi Pancasila dalam pemusatan latihan Diklat calon Paskibraka dan Purna Paskibraka diserahkan penanganannya kepada masing-masing Provinsi, dalam hal ini Pemda Sumbawa mempercayakan penanganannya kepada Bakesbangpoldagri Sumbawa sesuai dengan tupoksi dan kewenangan yang dimiliki,” ujarnya.

Dalam rangka menunjang tugas dan kinerja program kegiatan Paskibraka tahun 2023 ini terang Edot akrab ia disapa, maka Pemda Sumbawa dengan mendapatkan bantuan DAU telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1,1 Miliar yang telah masuk kedalam DPA Bakesbangpoldagri Sumbawa untuk menunjang program penguatan ideologi Pancasila.

Selain itu, memahami karakter kebangsaan, pelaksanaan organisasi di bidang kebangsaan, karakter bangsa, pembauran kebangsaan, Bhineka Tunggal Ika dan sejarah kebangsaan, pembentukan panitia rekruitmen dan pelatihan Paskibraka, pengadaan uniform seragam lengkap bagi anggota Paskibraka maupun pelatih Paskibraka tahun 2023.

Sesuai dengan juklak dan juknis kegiatan diawali dengan pembentukan panitia (tim) rekruitmen dan pelatihan, dilanjutkan dengan rekruitmen dan seleksi bagi calon anggota Paskibraka dari kalangan pelajar SMA/SMK yang ada di daerah tersebut.

Dengan kegiatan pemusatan pendidikan dan pelatihan akan berlangsung selama 15 hari penuh, dan nanti akan ada sekitar 55 orang yang terlibat dalam pemusatan pendidikan dan pelatihan Paskibraka tahun 2023 ini, meliputi 23 orang yang akan bertindak sebagai pelatih dan pamong dari unsur TNI, Kompi Senapa B, Polres Sumbawa dan Brimob Sumbawa.

Termasuk keterlibatan sejumlah purna paskibraka yang akan mengikuti Bintek untuk mendukung pelaksanaan kegiatan, dengan jumlah peserta anggota Paskibraka Sumbawa sebanyak 32 orang diambil dari kalangan pelajar SMA/SMK, di mana rekruitmen untuk calon anggota Paskibraka Provinsi NTB maupun nasional (Pusat) juga akan disiapkan masing-masing 10 orang putra-putri terbaik Sumbawa.

“Untuk mengikuti kegiatan seleksi, dan tentu kita berharap putra putri terbaik daerah ini dapat terpilih mewakili NTB pada puncak acara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tanggal 17 Agustus 2023 mendatang di istana negara,” tandas Edot.

Edot juga menyatakan hingga hari ini jumlah siswa/siswi yang berminat mengikuti seleksi anggota Paskibraka tahun 2023 ini melalui pendaftaran secara Online baru tercatat ada 11 orang, dan diprediksikan akan banyak peminat karena masa pendaftarannya baru berakhir 13 Maret mendatang.

“Berdasarkan informasi yang diterima saat ini masih banyak siswa yang tengah mengurus kelengkapan persyaratan administrasinya, dalam hal ini kami sangat optimis anggota Paskibraka Sumbawa tahun 2023 yang dihasilkan nanti tentu dipilih yang terbaik dari hasil seleksi ketat yang dilakukan panitia,” tukasnya.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.