TANJUNGPINANG, Harnasnews.com – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong pemerintah untuk mempercepat vaksinasi COVID-19 kepada sekitar 25-27 juta anak Indonesia, khususnya usia 6-11 tahun, yang rencananya dilaksanakan pada awal Tahun 2022.

LaNyalla di sela-sela kunjungan kerjanya di Provinsi Kepulauan Riau, Selasa mengatakan vaksinasi ini sangat dibutuhkan, sebab anak-anak merupakan kelompok rentan terpapar virus tersebut.

“Apalagi pemerintah telah memberlakukan sekolah tatap muka, maka percepatan vaksinasi anak harus dilakukan. Dengan vaksinasi kita menyelamatkan anak-anak dari potensi terpapar virus,” katanya, dikutip dari antara.

Senator asal Jawa Timur itu menyatakan saat ini yang diperlukan adalah kepastian vaksin yang akan digunakan agar para orang tua bisa mempersiapkan mental anak-anak menghadapi suntikan vaksin.

Menurutnya, anak-anak banyak yang takut jarum suntik, sehingga jika hal ini tidak disampaikan orang tuanya, maka bisa menjadi problem tersendiri dalam pelaksanaannya.

Selain itu, katanya, hal itu perlu guna mengantisipasi kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

“Memang bukan hal mudah juga memberikan vaksin untuk anak-anak. Selain kepastian jenis vaksin, pemerintah juga harus membangun mentalitas mereka,” ujar LaNyalla.