Ketua DPD RI Dorong Polri Kerja Sama Global Hadapi Serangan Ransomware

SURABAYA, Harnasnews.com – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mendorong Kepolisian Republik Indonesia untuk bekerja sama secara global dalam menghadapi serangan ransomware atau ancaman kejahatan cyber.

“Tentu saja ini sangat meresahkan dan merupakan ancaman serius,” ujar La Nyalla dalam keterangannya yang diterima, di Surabaya, Rabu.

Senator asal Jawa Timur ini mengatakan, sebagian besar korban serangan ransomware di Indonesia adalah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Selain di Indonesia, serangan itu juga terjadi di negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Filipina, Malaysia, Thailand, dan lainnya.

Karena itu, mantan Ketua Umum PSSI itu mendorong Polri melakukan langkah penyelamatan kuratif dan upaya bersama dengan negara lain yang juga mendapat ancaman serupa.

“Ini terjadi hampir di semua kawasan Asia Tenggara. Jadi saya kira untuk menghadapi kejahatan tersebut Polri perlu melakukan kerja sama global dengan kepolisian dari negara-negara tersebut. Bila perlu dibuat perjanjian dan kesepakatan agar penyelesaian kasusnya bisa tuntas,” ujarnya pula, dikutip dari antara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.