Ketua Komisi I DPRD Sumbawa Minta Pemda Beri Pendampingan Administrasi Desa Yang Belum Rapi

SUMBAWA, Harnasews – Komisi I DPRD Sumbawa meminta Dinas BPM PD maupun Kantor Inspektorat lebih giat melakukan pendampingan dan pengawasan terkait administrasi di pemerintahan desa yang belum tertata rapi.

“Ada banyak desa yang masih belum bagus administrasi pemerintahannya. Ini perlu diberikan pendampingan maupun pengawasan,” kata Ketua Komisi I, Syaifullah SPd.

“Kami minta BPM PD dan Inspektorat lebih giat lagi turun ke desa melakukan pendampingan dan pengawasan,” sambung Syaifullah.

Dikatakannya, dengan pendampingan dan pengawaan yang insten maka aparatur desa akan memahami penyusunan administrasi yang dapat dipertanggung jawabkan dan terhindar dari proses hukum.

“Tingkatkan kapasitas kepala desa beserta stafnya. Dampingi dan lakukan pengawaan. Kalau ini maksimal dilalukan, kami yakin permasalahan yang terjadi dan menimpah kades maupun aparaturnya bisa diminimalisir,” paparnya.

Disisi lain, Syaifullah juga meminta kepala desa dan stafnya untuk lebih giat lagi melakukan koordinasi maupun konsultasi dengan dinas tekhnis sebelum mengambil sebuah keputusan, agar nantinya keputusan yang diambil tidak terbentur dengan persoalan hukum.(HR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.