Ketua PWI Kabupaten Bogor Imbau Wartawan Agar Kedepankan Etika Jurnalistik

BOGOR, Harnasnews – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kabupaten Bogor Subagio mengimbau agar wartawan memiliki sikap Independen, akurat, profesional dan berimbang dalam menjalankan tugas jurnalistiknya.

Oleh karena itu wartawan Indonesian harus menguji dan meneliti dan croschek terhadap setiap informasi yang diterima. Hal tersebut dikatakan Subagio di hadapan  peserta safari Jurnalistik, di aula Kecamatan Cibinong Selasa (26/10/2022).

Safari Jurnalistik tersebut diikuti oleh para lurah se-Kecamatan Cibinong, dan para pejabat setingkat kepala seksi pada instansi terkait.

Menurut Subagio keberadaan UU Pokok Pers, Kode Etik Jurnalistik merupakan rambu rambu hukum yang patut ditaati para insan pers. Sebab dengan rambu rambu ini, wartawan tidak bisa bertindak seenaknya dalam menjalankan tugas atau profesinya.

“Dengan kata lain, wartawan bukan mahkluk yang kebal hukum. Mereka bisa ditindak sesuai dengan tingkat permasalahan yang mereka buat,” tegas.

Menurutnya, wartawan dalam menjalankan tugas peliputan, menggali dan mengumpulkan informasi, konfirmasi atau pun klarifikasi harus mengedepankan Kode Etik Jurnalistik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.