Ketua TP PKK Trenggalek Membantu Menanggulangi Wabah Covid-19

Nasional

Trenggalek,Harnasnews.com – Mewabahnya virus corona atau covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia membuat pemerintah daerah mengambil berbagai langkah penanggulangan.

Tak terkecuali di Kabupaten Trenggalek, seluruh stakeholder yang terlibat termasuk TP PKK membantu mencegah penyebaran virus Corona atau covid-19,senen 30/03/2020.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Trenggalek Novita Hardini, SE dalam rapat teleconfrence di Smart Centre ingin mendorong optimalisasi peran PKK dalam mencegah dan menanggulangi wabah covid-19 ini bisa sampai ke tingkat kecamatan dan desa.

Lanjut Novita panggilan Ketua TP PKK “Bagaimana Tim Penggerak PKK itu betul-betul hadir untuk memantau, kita semua tahu bahwa keputusan Bapak Bupati sudah dinilai cukup baik karena kita betul-betul sangat waspada dan mendisiplinkan diri dalam menjaga siapapun yang masuk keluar di Kabupaten Trenggalek,” tutur Novita Hardini Nur Arifin.

Untuk itu Novita Hardini merasa TP PKK perlu melengkapi segala upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam rangka mencegah penyebaran covid-19.

Salah satu langkah yang dimaksudkan olehnya adalah dengan memantau atau memonitoring kegiatan anak-anak sekolah usia dini yang seharusnya belajar di rumah agar kegiatan belajar mereka bisa benar-benar berjalan secara efektif dan tidak sekedar libur saja di tengah situasi seperti ini.

Ditambahkan olehnya TP PKK diharapkan bisa hadir untuk membantu kondisi perekonomian yang saat ini dirasa cukup terpengaruh akibat wabah virus covid-19.

“Pesan saya adalah untuk seluruh masyarakat Kabupaten Trenggalek waspada boleh tapi panik jangan, karena panik bisa menimbulkan semua resiko yang lebih membahayakan seperti kosongnya bahan baku pangan di pasar.

Cemas yang bisa menimbulkan stres berlebihan dan itu bisa menurunkan imun tubuh kita masing-masing,” pesannya.

Ketua TP PKK Novita juga menyampaikan apresiasi atas kesiapan beberapa TP PKK Kecamatan cara mendukung pemerintah untuk menanggulangi wabah covid-19.

Diantaranya adalah sosialisasi secara intensif kepada masyarakat akan bahaya covid-19 dan cara mencegah penyebarannya, ikut secara aktif melakukan pemantauan terhadap berbagai resiko penyebarannya dan screening diri.

Sementara itu dikesempatan yang sama, Ketua Dharma Wanita Trenggalek yang sekaligus Wakil Ketua TP PKK Trenggalek, Ibu Lis Joko Irianto turut memberikan pesan edukatif kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh dengan asupan gizi seimbang, dan senantiasa membiasakan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan berjemur singkat secara rutin dibawah sinar matahari.

Mungkin itu yang perlu terus kita sosialisasikan kepada anak-anak usia dini, jam 9 sampai jam 10 bisa ada waktu untuk bermain diluar,” ungkapnya.(Geng/Rif)

Leave A Reply

Your email address will not be published.