Komisi VIII DPR RI Apresiasi Pemerintah Perbaiki Data Penerima Bantuan dari Kemensos

JAKARTA, Harnasnews – Keseriusan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk melakukan perbaikan dalam kinerjanya, khususnya dalam perbaikan data mendapat apresiasi Komisi VIII DPR RI. 

Sebab, perbaikan data pada Kemensos seperti data penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan hal yang penting, namun tidak bisa diburu-buru. Sehingga kejadian penerima bantuan sosial (bansos) yang kerap salah sasaran dapat diminimalisir.

“Jadi (data) yang dikeluarkan itu yang kami temukan belakangan ini kok ternyata mereka itu adalah orang-orang yang sebenarnya menurut kami masih layak untuk mendapatkan bantuan. Sehingga (pengumpulan data) ini harus jeli kita dan jangan terburu-buru. Dalam artian lebih baik kita menguatkan pada graduasi, pada pemberdayaannya,” ujar Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

Politisi Partai NasDem itu mengungkapkan, permasalahan lainnya, yaitu bantuan kepada orang tua yang sudah tidak diurus atau tidak memiliki sanak saudara atau keluarga. Menurutnya daripada memberikan bantuan berupa perbaikan rumah, akan lebih baik bantuan yang diberikan pada orang tua yakni menyediakan panti. Sehingga orang tua tersebut serasa tidak hidup sendirian dan dapat melakukan banyak kegiatan di panti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.