Kunjungan Kerja Ke Kodim 0507/Bekasi, Danrem 051/Wijayakarta Minta Jajaran Kodim Fokus Pada Pengamanan Pemilu 2024

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Komandan Korem 051/Wijayakarta, Brigjen TNI Riyanto melakukan kunjungan kerja ke Kodim 0507/Bekasi, kelurahan Margajaya, Bekasi Selatan pada Selasa (30/01)24).

Dalam kunjungannya, Brigjen TNI Riyanto meminta kepada jajaran Kodim 0507/Bekasi untuk berperan secara aktif mensukseskan pemilu pada 14 Februari mendatang.

Salah satu diantaranya ialah dengan langkah pencegahan atau antisipasi banjir akibat luapan kali dan saluran air.

“Salah satu hal yang menjadi sorotan agar Pemilu bisa berjalan lancar adalah ikut bersama-sama pemerintah daerah setempat bersinergi melakukan pembersihan sungai, saluran air dan daerah kumuh,” katanya kepada media.

Brigjen TNI Riyanto kembali mejelaskan bahwa Menurut Brigjen Riyanto kegiatan yang harus rutin dilakukan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengurangi dampak banjir mengingat saat pemilihan, sudah masuk puncak musim penghujan.

“Meski banjir masih akan terjadi, namun upaya antisipasi harus dilakukan semaksimal mungkin. Kalaupun ada korban, jumlahnya harus diupayakan seminimal mungkin,” imbuhnya.

Sementara untuk pengamanan Pemilu, Brigjen Riyanto menyebut TNI AD akan menyatu dengan kepolisian untuk melakukan proses pengamanan dari mulai distribusi logistik, pemungutan dan penghitungan suara hingga pasca Pemilu nanti.

“Karena jumlah Personel yang terbatas, pengamanan akan dilakukan satu Babinsa dari Kodim dan satu Bhabinkamtibmas dari Polres untuk setiap 6 hingga 12 TPS,” ungkap Brigjen TNI Riyanto.

Sekedar diketahui bahwa Korem 051/Wijayakarta membawahi 5 Kodim yaitu Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Untuk itu ia meminta kepada seluruh jajaran Kodim di bawah Korem 051/Wijayakarta untuk terus berkolaborasi dan Koordinasi dengan instansi samping dalam suksesnya penyelenggaraan pemilu 2024.

Sementara itu, Komandan Kodim 0507/Bekasi Kolonel Arm Rico Ricardo Sirait menuturkan bahwa pihaknya akan menerjunkan 585 personil pada pengaman pemilu mendatang.

“Itu semua susah termasuk Babinsa, personil kodim sendiri dan personil BKO dari satuan-satuan tempur,” ungkapnya.

BKO ini berasal dari Yonif Tajimalela 202 yang akan diperbantukan untuk mengamankan pemilu, bergabung dengan personil Kodim 0507/Bekasi.

Jumlah personil Kodim 0507/Bekasi yang hanya 303 akan ikut mengamankan 7. 778 TPS yang ada di Kota Bekasi, sehingga dibutuhkan tambahan BKO dari Yonif Tajimalela 202.

“Mereka semua yang nanti akan membantu pengamanan bersama dengan polri, dengan harapan semua bisa tercover di wilayah kota Bekasi dengan aman,” pungkasnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.