Kuota Haji Indonesia di Tahun 2023 Kembali Normal

 

JAKARTA, Harnasnews – Di tahun 2023 ini, Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 221 ribu orang. Kuota itu terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler, 17.680 jamaah haji khusus, dan 4.200 kuota petugas haji.

Kuota ini terhitung sudah kembali normal karena sebelum pandemi pada 2019 lalu, kuota jamaah Indonesia mencapai 218.150 orang.

Terkait dengan jatah kuota haji Indonesia yang kembali normal, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof Mohammad Mukri menyampaikan rasa syukur dan optimisme kondisi perhajian di Indonesia dan dunia akan kembali normal.

Menurutnya, dengan normalnya kembali kuota yang didapat, maka semangat dan optimisme calon jamaah haji yang sudah lama menanti pun akan kembali tumbuh.

“Kita doakan masyarakat yang sudah mendaftar bisa segera berangkat sesuai dengan waktunya pergi ibadah haji ke tanah suci,” kata Prof Mohammad Mukri sebagaimana dilansir dari NUonline, Senin (9/1/2023).

Ditambah lagi saat ini tidak ada lagi kebijakan pembatasan umur sehingga siapa yang sudah saatnya berangkat, dapat mewujudkan impian berhaji ke Tanah Suci Makkah.

Dengan normalnya kembali kuota haji yang diberikan ke Indonesia menurut Prof Mukri, maka tentu akan kembali menormalkan estimasi waktu keberangkatan bagi masyarakat yang sudah mendaftar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.