JAKARTA, Harnasnews.com – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengajak semua elemen bangsa agar membangkitkan komitmen bersama untuk menjawab berbagai tantangan bernegara ke depannya.

“Hingga saat ini kita sebagai satu bangsa masih menghadapi tantangan di berbagai bidang dalam menjalankan kehidupan bernegara,” kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hal itu disampaikan Rerie, panggilan akrab Lestari Moerdijat, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2021.

Tantangan yang harus segera diatasi antara lain, membebaskan bangsa Indonesia dari paparan COVID-19. Apalagi, secara nasional belum sepenuhnya terkendali.

Selain itu, tantangan lainnya adalah kepastian warga negara untuk mendapatkan perlindungan dari ancaman kekerasan seksual.

Sebuah perlindungan yang mendasar atas nama kemanusiaan wajib diberikan negara terhadap warganya. Akan tetapi, hingga 76 tahun Indonesia merdeka, belum ada undang-undang yang memastikan hak dasar itu bisa diperoleh setiap warga negara.

Demikian juga dengan tantangan di sektor ekonomi, politik, sosial dan budaya yang hingga kini terus hadir dengan berbagai bentuk baik dari dalam maupun luar negeri.