Mahasiswa Matrikulasi STTAL Menerima Pengarahan Komandan STTAL

Nasional

Pada saat ini kita dihadapkan pada tantangan tren teknologi kemaritiman global (Global Marine Technology Trends) pada tahun 2030, dimana Revolusi Industri 4.0 telah menciptakan teknologi-teknologi baru yang mutakhir, terutama dalam bidang pertahanan. Seperti disampaikan oleh Lloyd Register, Qinetiq dan University of Southhampton, tren teknologi kemaritiman global pada tahun 2030 ini akan mempunyai fokus terhadap 8 teknologi kunci, yaitu; (1) Advanced Materials, (2) Advanced Manufacturing, (3) Energy Management, (4) Autonomous System, (5) Big Data Analytics, (6) Cyber & Electronic Warfare, (7) Human Computer Interaction, dan (8) Human Augmentation.

Untuk menguasai teknologi-teknologi tersebut, maka kita semua harus mempersiapkan dan mengisi diri sendiri agar tidak tertinggal.

Oleh karena itu, mahasiswa STTAL harus familiar dan tidak apatis dengan perkembangan teknologi yang ada di sekitarnya, baik dalam lingkup regional maupun global, jelas Laksma TNI Avando.

Di akhir paparannya Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. memberikan quote yang terkenal dari Albert Einstein yang menyatakan bahwa ilmu pengetahuan tanpa agama akan lumpuh, dan ilmu agama tanpa pengetahuan akan buta. Jadi diharapkan mahasiswa STTAL dapat menyeimbangkan antara kecerdasan dan akhlak, sehingga akan tercetak sumber daya manusia unggul yang mempunyai intelegensia tinggi berakhlak baik.(Red/Hum)

Leave A Reply

Your email address will not be published.