Mandatori B30 Segera Diterapkan

Dia menambahkan, penggunaan minyak kelapa sawit dalam bahan bakar kendaraan bermotor sekaligus akan meningkatkan pendapatan holding badan usaha milik negara (BUMN) perkebunan yang masih mendominasi bisnis dari holding tersebut.

Menurut Luhut, apabila tahapan-tahapan penetrasi penggunaan minyak kelapa sawit berjalan lancar, maka Indonesia bisa menerapkan bahan bakar B100. Dia mengatakan, tujuan akhir dari penggunaan bahan bakar biodiesel yakni agar Indonesia bisa menekan laju defisit transaksi berjalan yang tengah dialami Indonesia saat ini. “Saya kira itu kira-kira hampir Rp350 triliun dalam setahun, jadi kalau kita bisa gunakan biodiesel bisa dikurangi setengah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan uji coba B30 menyusul kesuk ses an penerapan B20. Sebelum B30 diterapkan, kendaraan yang akan menggunakan bahan bakar itu akan melalui berbagai uji standar internasional. (Sindo/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.